Yang Mempengaruhi Berat Badan Ibu Hamil Dan Menyusui

Yang Mempengaruhi Berat Badan Ibu Hamil Dan Menyusui

Yang Mempengaruhi Berat Badan Ibu Hamil Dan Menyusui

Banyak wanita yang merasa sempurna ketika mereka hamil. Terutama pada saat perut mereka mulai membesar. Akan tetapi, masalahnya ketika hamil seorang ibu banyak mengkonsumsi makanan mengandung lemak. Selain itu, banyaknya air yang dikonsumsi oleh ibu hamil biasanya akan tinggal di tubuh ibu dan menyebabkan ibu menjadi lebih gemuk.

Berat badan yang bertambah selama kehamilan bukan hanya datang dari bayi yang anda kandung. Akan tetapi juga datang dari cairan ketuban, plasenta, membran, darah, pertumbuhan kelenjar susu di payudara anda, rahim dan retensi cairan. Secara keseluruhan ada sekitar 15%(persen) dari berat badan anda yang merupakan lemak.

Biasanya seseorang mulai memiliki banyak lemak di tubuh mereka saat mereka mengonsumsi minyak ikan. Di sisi lain, minyak ikan sangat baik untuk tumbuh kembang otak bayi, akan tetapi hal tersebut juga menyebabkan anda menjadi gemuk karena mendapat banyak lemak. Oleh karena itu, para ahli menyarankan pada ibu hamil untuk mengkonsumsi minyak ikan berlemak setidaknya dua kali dalam seminggu.

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mempengaruhi berat badan anda selama kehamilan dan menyusui berlangsung.

1. Rasa dan bau
Ketika anda merasakan sesuatu atau mencium sesuatu misalnya makanan, selera anda bisa berubah karena hal tersebut. Anda bisa tiba-tiba tertarik pada sesuatu karena mencium bau tertentu atau sebaliknya anda merasa mual dan ingin menghindar sejauh mungkin dari bau tersebut.
Hal ini normal karena seorang ibu hamil biasanya mengalami mual yang disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh mereka. Setelah melahirkan biasanya hal tersebut akan kembali normal.

2. Diet kaya zat besi
Banyak ibu hamil yang menderita anemia. Biasanya terlihat jika seorang ibu hamil tampak pucat dan mudah merasa pusing. Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi ditemukan dalam daging, sayuran, kacang kacangan, saus apel dan bumbu.
Untuk memastikan bahwa zat besi dari makanan-makanan yang anda konsumsi bisa diserap oleh tubuh dengan baik, anda dapat menggabungkan mereka dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti sayuran, buah terutama jeruk, dan kentang. Anemia menyebabkan gangguan kehamilan dan pertumbuhan bayi.

3. Garam
Setelah memasuki trisemester ketiga, biasanya ibu hamil menderita bengkak-bengkak pada pergelangan kakinya. Hal ini karena tubuh berusaha untuk mempertahankan kelembaban.
Untuk menghindari atau mengurangi hal tersebut, cobalah untuk bergerak dengan lebih aktif. Batasi mengkonsumsi garam dalam makanan anda.

Garam dapat mengikat air dan memberikan efek lembab. Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan mengurangi garam adalah, akan membuat tekanan darah anda menjadi lebih stabil. Karena biasanya tekanan darah seorang ibu hamil akan meningkat terutama pada akhir saat kehamilan berlangsung.
4. Diet ketat
Selama kehamilan dan menyusui, sebaiknya anda tidak melakukan diet yang ketat. Hal ini karena anda dan bayi sedang membutuhkan banyak nutrisi, vitamin, serta mineral. Segala sesuatu yang anda konsumsi akan juga dikonsumsi oleh bayi di kandungan anda maupun melalui Asi.
5. Olahraga
Untuk mengembalikan berat badan anda setelah melahirkan, cara yang terbaik adalah dengan memanfaatkan olahraga. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga seperti aerobik dan yang lainnya.
Akan tetapi cobalah untuk menghindari diet ketat terutama pada saat masih menyusui. Ini akan membuat anda gemuk, tapi, iniadalah cara terbaik untuk tumbuh kembang bayi anda.

6.Cara paling mudah untuk merampingkan perut anda saat anda menyusui tanpa diet adalah dengan menggunakan metode mengunci otot perut (menahan dan menegangkan otot). Anda dapat melakukannya pada saat duduk, berdiri, terbaring, atau pada saat menyusui. Dengan melakukannya setiap hari akan membuat otot perut menjadi kencang dan dapat membakar lemak.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10