Yang Harus Anda Lakukan Menjelang Menopause

Yang Harus Anda Lakukan Menjelang Menopause

Yang Harus Anda Lakukan Menjelang Menopause

Beberapa masalah yang sering timbul ketika seorang wanita memasuki masa menopause diantaranya adalah: susah tidur, perubahan hormon, dan perubahan-perubahan yang lainnya.

Perubahan yang paling terlihat pada seorang wanita yang memasuki usia menopause adalah perubahan emosionalnya. Perubahan ini menyebabkan beberapa masalah yang seringkali tidak mampu dihindari karena tidak adanya persiapan yang dilakukan, baik itu mengenai informasi maupun apa yang akan mereka hadapi ketika memasuki usia menopause.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai hal-hal yang mungkin akan terjadi pada seseorang yang memasuki usia menopause.

  1. Insomnia

Kesulitan tidur pada malam hari biasanya menghinggapi mereka yang memasuki usia menopause. Hal ini dikarenakan mulai berkurangnya aktivitas seperti mengurus keluarga, mengurus anak, mengurus suami, atau bersosialisasi.

Masih banyaknya tenaga yang tersimpan, serta perubahan-perubahan gaya hidup yang terjadi menyebabkan seseorang terkadang tidak bisa memejamkan mata di malam hari.

Ada beberapa solusi yang mungkin bisa Anda ambil untuk mengatasi hal ini, diantaranya adalah: Cobalah untuk melembabkan atau membuat kamar Anda menjadi lebih dingin. Hal ini akan memudahkan seseorang untuk tidur.

Selain itu, cobalah untuk mengatur nafas lebih teratur, untuk membuat Anda lebih rileks.Caranya, bernapaslah lambat-lambat, misalnya 8 kali bernafas per menit. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi kesulitan tidur bagi beberapa orang terutama mereka yang memasuki usia menopause.

  1. Kenaikan berat badan

Masalah yang satu ini merupakan masalah klasik yang paling sering menyerang wanita di usia menopause. Faktor estrogen yang menurun menyebabkan kolesterol buruk di dalam tubuh meningkat.Selain itu, beberapa lemak di dalam tubuh semakin sulit untuk diatasi. Terutama pada bagian perut dan pinggul. Bahkan wanita yang rutin melakukan olahraga juga dapat mengalami kenaikan berat badan secara signifikan.

Untuk mengatasi hal ini Anda dianjurkan untuk mulai menghindari makanan-makanan yang tinggi lemak. Selain itu, cobalah untuk memperbaiki suasana hati Anda dan buatlah tidur Anda lebih nyenyak.Anda yang memasuki usia menopause tidak harus pergi ke gym untuk berolahraga.

Akan tetapi, dengan cara-cara yang sederhana misalnya berjalan kaki, apabila Anda lakukan secara rutin hal tersebut akan membuat tubuh Anda memiliki berat yang stabil.

  1. Kerontokan rambut

Hampir semua wanita yang memasuki usia menopause mengalami hal ini. Rambut yang rontok dan mulai menipis adalah akibat yang ditimbulkan oleh menopause. Rambut seperti halnya tubuh kita, apabila tidak dirawat dan tidak diberikan nutrisi, rambut akan menjadi kering dan rapuh.Terlebih pada saat wanita memasuki usia menopause, hormon mereka berfluktuasi sehingga menyebabkan rambut menjadi kering.

Beberapa solusi yang bisa Anda ambil untuk mengatasi hal ini diantaranya adalah, dengan rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk rambut. Selain itu, cobalah gunakan shampo yang ringan serta conditioner yang diformulasikan untuk merawat rambut kering. Hindarilah perawatan-perawatan yang mengandung bahan kimia, karena hal tersebut dapat menyebabkan rambut lebih rentan terhadap kerusakan.

  1. Tidur siang

Tidur merupakan salah satu masalah yang juga sering dialami oleh wanita ketika memasuki usia menopause. Kesulitan tidur menyebabkan beberapa pengaruh pada tubuh Anda, mulai dari tingkat energi, emosi Anda, berat badan Anda, bahkan libido yang Anda miliki.

Dokter banyak menganjurkan kepada wanita yang sudah memasuki masa menopause untuk mencoba tidur siang, walaupun hanya 20 menit setiap hari.

Semakin banyak Anda beristirahat, akan semakin mudah bagi Anda untuk mengelola beberapa masalah yang diakibatkan oleh menopause terutama masalah emosional dan psikologi.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10