Peduli Kasih – Bayi Lahir dengan Usus Terburai

Uluran Tangan, Peduli Kasih – Bayi Lahir dengan Usus Terburai. Seorang bayi laki-laki di Singkawang, Kalimantan Barat, lahir dengan kondisi perut terbuka sehingga usus terburai berada di luar. Bayi ini lahir melalui persalinan di rumahnya di Kampung Sungai Jaga RT 1/RW 02 Dusun Fajar, Kecamatan Sungai Raya, Bengkayang.

Bayi yang lahir dari rahim sang ibu bernama Iit Sartika (26), lahir dengan berat badan kecil, yakni 2,4 kilogram. Karena mengalami kelainan, bayi ini harus mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Abdul Aziz, Singkawang.

“Proses kelahiran bayi laki-laki tersebut lancar dan normal, meskipun lahir sebelum waktunya atau prematur,” kata Ardiansyah, ayah kandung bayi malang ini kepada detikcom, di ruang perawatan bayi di Rumah Sakit Dokter Soedarso, Pontianak, Senin (3/6/2013).

Pria 36 tahun tersebut mengaku tidak dapat mendampingi istrinya saat persalinan karena harus bekerja di laut. Menurutnya, bayi yang belum diberi nama ini lahir lebih dini pada bulan kedelapan kehamilan sang istri. Karena kurangnya fasilitas, setelah mendapat perawatan di RS Abdul Azis, bayi tersebut di rujuk ke RS Dokter Soedarso, Pontianak.

“Kondisi bayi saat ini cukup baik, penangananan medis tetap kami lakukan dengan baik sesuai ajuran dokter anak,” kata Kepala Ruang Perawatan Bayi RS Dokter Soedarso, Pontianak, Elsa Wahyu Kartika kepada detikcom.

Elsa menambahkan, sesuai dengan kondisi bayi seharusnya dilakukan operasi. Sayangnya, keadaan ekonomi keluarga yang hanya berprofesi sebagai buruh nelayan tidak mampu membayar biaya rumah sakit, apalagi untuk operasi penyakit yang tergolong langka.

Ardiansyah hanya bisa pasrah dengan kondisi anak keduanya. Orang tua si bayi berharap adanya perhatian pemerintah untuk membiayai pengobatan anaknya hingga sembuh.

Menurut dokter, kondisi bayi yang lahir dengan kondisi usus di luar sangatlah jarang terjadi. “Istilah kedokteran disebut Gastroskisis (usus di luar tubuh),” kata dr Nevita, salah satu dokter di RS Dokter Soedarso Pontianak.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10