Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini Yang Perlu Diketahui

tips mencerdaskan bayiPendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pendidikan dasar yang harus diberikan anak oleh orang tua baik secara formal maupun informal untuk membawa perubahan baik di usianya dewasa nanti. Secara garis besar tujuan pendidikan anak usia dini adalah untuk membantu anak supaya terus belajar dalam menguasai keterampilan di dalam dirinya. Orang tua mana yang tidak menginginkan anak cerdas dan memiliki sifat serta perilaku baik semua pasti menginginkan hal itu. Dengan demikian sudah sebaiknya orang tua memberikan pendidikan anak sejak usia dini.

Peran besar orang tua dalam mendidik anaknya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan si anak. Sehingga didiklah anak secara benar dengan mengajarkan hal – hal baik supaya anak menjadi pribadi yang baik dan berguna untuk nusa dan bangsa. Diusia dini perkembangan pola pikir anak akan meningkat dengan sangat pesat sehingga berikan hal – hal positif dalam perkembangannya. Pendidikan usia dini juga bisa digunakan untuk mengenali karakteristik anak di mana orang tua bisa mengetahui bakat serta hobi si anak sehingga bisa lebih mudah dalam mengembangkan bakatnya.

Suat upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usianya 6 tahun merupakan salah satu tujuan pendidikan anak usia dini. Rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan jasmani anak harus dilakukan sejak dini. Sehingga pendidikan anak usia dini harus dilakukan karena mampu mengakomodasi berbagai aspek pengembangan anak dalam suasana yang menyenangkan serta akan menimbulkan minat di dalam diri anak.

Selain itu pendidikan usia dini diberikan untuk mengembangkan potensi anak serta memperiapkan untuk hidup yang bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Terdapat beberapa tujuan PAUD yang bisa dipaparkan berikut ini :

1. Menumbuh Kembangkan Potensi.
Sikap serta keterampilan anak bisa dikembangkan sejak usia dini sehingga dalam menyalurkan bakatnya menjadi lebih mudah.

2. Dasar – dasar Belajar.
Meletakkan tentang dasar – dasar bagaimana belajar yang nantinya akan membawa pengaruh positif untuk perkembangan anak di masa depannya.

3. Lebih Mandiri.
Kemandirian akan muncul pada anak yang diberikan pendidikan sejak dini karena mereka merasa untuk memiliki tanggung jawab tentang dirinya sendiri.
Beberapa tujuan di atas adalah hal penting yang sangat diperhatikan oleh orang tua. Membentuk sifat dan perilaku anak memang harus dilakukan sejak usia dini.

Tujuan pendidikan anak usia dini yang sudah dipaparkan di atas memang harus diketahui oleh para orang tua. Perkembangan anak akan semakin lebih baik ketika di berikan pendidikan sejak dini. Masa depan anak sangat dipengaruhi oleh cara mendidik orang tua.
Pendidikan usia dini akan merangsang perkembangan kecerdasan anak sehingga keterampilan seorang anak akan terasah dengan baik. orang tua akan lebih mudah ketika mengenali talenta anaknya sejak usia dini. Selain itu orang tua juga lebih mudah untuk memfasilitasi akan minat dan bakat dari seorang anak. Pendidikan usia dini juga mempengaruhi hal baik untuk sosialisasi seorang anak terhadap lingkungan sekitar ketika dewasa nanti.

Cara berinteraksi anak dipengaruhi dari pendidikan saat berusia dini. Dengan sosialisasi yang baik seorang anak tidak akan menjadi pemalu dalam pergaulannya. Pendidikan dini juga mempengaruhi pergaulan si anak. Kemudahan bergaul dengan orang mempermudah anak untuk memiliki teman yang banyak. Kemudian mengajari kesopanan pada anak sejak usia dini juga sangat penting. Kebiasaan baik sejak kecil akan dibawa oleh anak hingga masa dewasanya. Maka dari itu ajarkanlah kebaikan untuk anak – anak sejak usianya yang masih kecil. Ingat Tujuan pendidikan anak usia dini adalah untuk pengenalan bukan pemaksaan.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10