Tips Membuat Anak Menjadi Cerdas

tips membuat anak cerdasTips Membuat Anak Menjadi Cerdas – Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas dan pintar.Akan tetapi tidak semua orang tua bisa dan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kecerdasan anaknya hingga ke tingkat maksimal. Selain faktor gen ada beberapa faktor yang juga bisa digunakan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Kecerdasan anak bisa dipupuk sejak dalam kandungan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti untuk membuat anak anda cerdas.

  1. Gerak tubuh

Tanda atau gerak tubuh adalah bahasa yang digunakan oleh bayi untuk berkomunikasi. Bayi sudah bisa berkomunikasi sebelum mereka berbicara. Setelah 6 bulan, bayi mulai menyadari sekelilingnya. Pada usia ini biasanya bayi sudah bisa berkonsentrasi pada sesuatu dengan cepat tanpa kehilangan fokus. Jika seorang anak diberikan mainan yang namanya disebutkan, bayi akan lebih mudah untuk mengingat hal tersebut.

Penelitian menunjukkan bahwa, bahasa isyarat atau bahasa tubuh yang anda berikan pada saat berbicara atau berkomunikasi dengan bayi akan memberikan beberapa keuntungan untuk menambah kecerdasan bayi dalam membaca, menulis dan berbicara nantinya.

Telah dibuktikan bahwa dengan menambahkan isyarat ketika anda berbicara dengan bayi akan meningkatkan IQ mereka. Anak-anak yang diajak berbicara sambil diberi isyarat atau bahasa tubuh biasanya memiliki IQ rata-rata 114. Sedangkan anak yang hanya di ajak berbicara tanpa diiringi bahasa tubuh memiliki IQ rata-rata 102.

  1. Jarak kehamilan

Penelitian telah menunjukkan bahwa jarak 2 tahun antara kehamilan pertama ke kehamilan berikutnya adalah waktu yang sangat optimal untuk seorang anak agar ia bisa berkembang menjadi anak yang pintar.

2 tahun adalah waktu yang cukup bagi seorang anak untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang serta pendidikan.Usia 0 – 2 tahun adalah periode yang paling penting untuk perkembangan otak anak.

  1. Asi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan Asi dari ibunya memiliki skor lebih tinggi pada tes IQ dibandingkan anak-anak yang diberi susu formula. Rata-rata skor anak yang mengkonsumsi Asi dari ibunya adalah 7,5 poin lebih tinggi daripada kecerdasan verbal dan IQ mereka yang mengkonsumsi susu formula.

Para ahli belum mengetahui faktor apa yang menyebabkan seorang anak yang diberi Asi memiliki kecerdasan lebih baik dibandingkan mereka yang mengkonsumsi susu formula.Para ahli menduga bahwa anak yang diberi Asi dari ibunya menjadi cerdas karena perhatian lebih yang diberikan oleh ibu kepada anak.

  1. Irama

Memperdengarkan suara-suara khusus dapat membuat bayi menjadi cerdas. Ada beberapa suara atau irama yang dapat merangsang tumbuh kembang otak bayi. Jika anda dalam keadaan hamil, cobalah untuk memperdengarkan sesuatu misalnya lagu atau nyanyian yang anda ucapkan sendiri minimal 30 menit sehari.

Selain itu musik klasik juga merupakan suara yang direkomendasikan untuk menstimulasi otak bayi.

  1. Permainan

Permainan ilmiah, atau permainan yang dilakukan oleh anak-anak dengan orang dewasa dapat meningkatkanketerampilan anak-anak di bidang menghitung, mengenali bentuk, warna, titik (fokus), dan urutan.

Hal ini membuktikan bahwa orang tua memiliki peranan yang sangat penting untuk mengajak anak-anak mereka bermain. Dengan begitu bisa kita simpulkan bahwa, orang tua yang sering menemani anaknya bermain akan secara tidak langsung membuat anak tersebut lebih cerdas.

  1. Musik mozart

Penelitian menunjukkan bahwa tikus yang mendengar musik mozart dapat menyelesaikan tes labirin dengan lebih cepat. Tidak hanya itu dalam studi tersebut ditemukan bahwa pada bayi berusia 0 hingga 3 tahun yang diperdengarkan musik mozart dapat membuatnya melakukan banyak hal positif.

  1. Melahirkan secara normal

Bayi yang dilahirkan melalui cara alami atau cara normal memiliki IQ yang lebih tinggi dari pada bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar. Hal ini disebabkan karena otak bayi yang dilahirkan secara alami menghasilkan UCP2.UCP2 adalah protein yang membantu perkembangan otak serta kecerdasan anak.

  1. Lemak ikan

Asam lemak Omega-3 yang banyak terdapat pada minyak ikan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan memenuhi asupan nutrisi yang penting, terutama yang terdapat pada minyak ikan ketika hamil, dapat memberikan efek yang sangat signifikan terutama untuk tumbuh kembang otak bayi.

Rahasia yang terkandung dalam minyak ikan adalah DHA(docosahexaenoic). DHA memiliki efek positif pada perkembangan otak dan sistem saraf.

  1. Asam folat dan zat besi

Dengan mengkonsumsi banyak suplemen yang mengandung asam folat dan zat besi terutama pada awal kehamilan dan sebelum hamil akan membantu bayi menjadi tumbuh cerdas. Selain itu, asam folat dan zat besi dapat membantu anak mengembangkan keterampilan motorik yang lebih terorganisir. Zat besi sangat penting untuk pengembangan sistem saraf pusat.

Kekurangan zat besi dapat mempengaruhi perkembangan intelektual dan motorik bayi. Sejak dahulu, mengkonsumsi asam folat dan zat besi telah dianjurkan untuk mengurangi resiko penyakit seperti spina bifida dan cacat jantung.

  1. Morning sickness

Tidak banyak yang mengetahui bahwa morning sickness adalah satu salah satu tanda bawa bayi yang anda kandung adalah bayi cerdas.

Semakin ibu merasakan gejala kehamilan yang satu ini, semakin tinggi pula hasil tes kecerdasan yang dimiliki oleh anaknya. dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa ibu yang mengalami morning sickness atau mual-mual dan muntah-muntah biasanya memiliki anak yang baik dalam menyelesaikan beberapa tes seperti,tes lisan dan matematika.

Menurut para peneliti, hormon yang menyebabkan morning sickness juga mempengaruhi otak bayi.Hormon yang menciptakan plasenta dan membuat anda mual juga merupakan tanda bahwa anda memiliki kehamilan yang sehat.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10