Tajamkan Pikiran Anda Dengan Makanan Berikut

Tajamkan Pikiran Anda Dengan Makanan Berikut

Tajamkan Pikiran Anda Dengan Makanan Berikut

Anda adalah apa yang Anda makan

Ungkapan ini sangat sering kita dengar dan memang demikianlah adanya.Jika Anda memiliki pola makan yang baik, maka Anda akan merasakan hidup sehat mulai dari jasmani hingga rohani.Akan tetapi sebaliknya, jika Anda sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat, maka tubuh dan jiwa pun akan tidak sehat.

Apakah makanan dapat membuat kita menjadi lebih pintar?Tentu saja iya!Penelitian menunjukkan bahwa apa yang Anda konsumsi akan berpengaruh kepada kemampuan otak dalam berpikir dan melakukan tugasnya sehari-hari.

Contohnya adalah, apa yang Anda konsumsi pada pagi hari sebagai menu sarapan akan sangat berpengaruh pada hasil pekerjaan Anda nanti di kantor maupun di lapangan.

Makanan yang tepat dapat mencegah alzheimer dan demensia (AD).Nutrisi merupakan kunci utama yang harus ada di dalam makanan Anda,Nutrisiakan membantu otak dalam berpikir dan menjaga sel-sel otak tetap sehat.Selain itu makanan yang sehat akan berpengaruh kepada daya ingat Anda, rentang perhatian Anda, kemampuan Anda untuk belajar, serta kemampuan Anda untuk menganalisa.

Berikut adalah makanan-makanan yang bisa Anda konsumsi jika Anda ingin meningkatkan ketajaman pikiran Anda.

  1. Ikan berlemak

Beberapa ikan berlemak yang bersumber dari laut seperti salmon, albacore, tuna,dan sarden yang dikemas dengan tambahan asam lemak omega-3 merupakan jenis ikan yang sangat kuat dan memiliki nutrisi serbaguna terutama untuk kesehatan pikiran dan otak.

Sekitar 40% asam lemak yang ada di membran otak adalah DHA, dan salah satunya adalah omega-3 yang berasal dari ikan.Para ahli meyakini bahwa omega-3 yang berasal dari ikan merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan kekuatan sinyal transmisi antara sel-sel di dalam otak.

Orang yang memakan ikan 3 kali seminggu memiliki tingkat DHA tertinggi di dalam darah mereka.Selain itu, mereka yang dengan rutin mengkonsumsi ikan 3 kali seminggu ternyata 39% lebih aman dari penyakit alzheimer.

Konsumsilah ikan seperti tuna, albacore atau sarden dua kali seminggu,atau tiga kali seminggu.Jangan mengkonsumsi ikan terlalu banyak agar Anda aman dari paparan merkuri. terutama ikan yang berada pada rantai makanan tertinggi.

  1. Sayuran berdaun hijau dan sayuran kombinasi

Sayur-sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, kale, kubis brussel, dan bok choy adalah makanan yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C, serta senyawa karotenoid yang berfungsi untuk melindungi otak.

Antioksidan dapat mencegah kerusakan dari radikal bebas, yang merupakan produk limbah atau racun dari tubuh Anda yang tercipta ketika sel-sel di dalam tubuh membuat energi.

Otak Anda sangat rentan terhadap kerusakan dari serangan radikal bebas. Oleh karena itu,Anda harus melindunginya dengan makanan-makanan yang mengandung antioksidan seperti yang telah disebutkan di atas.

Semua antioksidan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau sayuran sangat baik untuk otak kita, terlebih apabila sayur-sayuran tersebut dikombinasikan.Hal tersebut sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan otak dalam bertahan hingga 1-2 tahun lebih lama.

Cobalah untuk mengkombinasikan beberapa sayuran di atas dengan sayur-sayuran berwarna yang lainnya untuk menjaga agar otak bisa digunakan hingga Anda berusia lanjut.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10