Subhanallah, Anak 3 Tahun Hafal Alqur’an 30 Juz

Subhanallah, Anak 3 Tahun Hafal Alqur’an 30 Juz – Bisa karena biasa, itulah ungkapan yang sering terdengar di telinga kita, seorang anak yang terbiasa mendengar dan berusaha untuk hapal dengan Al-Quran, maka Allah memudahkan anak 3 tahun ini hapal Al-Qur’an 30 Juz. Bocah Nigeria ini sungguh menakjubkan. Betapa tidak, pada usianya yang baru tiga tahun delapan bulan, ia mampu  menghafal seluruh isi Alquran. Rukkayatu Fatahu Umar, demikian nama balita perempuan tersebut.

Dikutip dari Nigerian Tribune, Rukkayatu begitu gembira dengan prestasinya. Ia sangat senang menghafal Alquran. Ia pun ingin anak-anak di seluruh dunia dapat belajar dan menghafal Kitabullah seperti dirinya. “Saya bersyukur kepada Allah,” ujar Rukkayatu saat ditanya bagaimana perasaannya dapat menghafal Alquran pada usia sangat belia. Subhanallah, Anak 3 Tahun Hafal Alqur’an 30 Juz

Rukkayatu mulai menghafal kitab suci umat Islam itu di sebuah sekolah Alquran milik Yayasan Syekh Dahiru Usman. Syekh Dahiru Uslam tak lain adalah kakek Rukkayatu. Awalnya, dia bukan bersekolah di tempat tersebut, tetapi sekadar ikut sang ibu yang menjadi pengajar di sana. Di kelas hafalan, ia pun terbiasa mendengarkan bacaan Alquran.

Hingga kemudian Rukkayatu ikut membaca ayat-ayat Alquran bersama para siswa, bahkan menghafalnya. “Ia terus menghadiri kelas menghafal, hingga akhirnya ia menyelesaikan hafalan seluruh Alquran,” tutur sang ibu, Sayyada Maimunatu.

Bagi Rukkayatu, menghafal Alquran tak ubahnya bermain yang sangat menyenangkan. Ia juga sangat rajin ke sekolah, sejak pukul 07.00 pagi hingga 18.00 sore. “Ini bukan berarti ia tak bermain dengan teman-temannya. Ia bermain, terutama dengan mereka yang juga menghafal Alquran seperti dia,” lanjut sang ibu.

Kabar mengenai Rukkayatu menjadi buah bibir dan perhatian masyarakat Kota Bauchi. Mereka penasaran dan ingin tahu kehebatan gadis kecil ini dalam menghafal Alquran. Maka, pada akhir Januari lalu, sang hafizah kecil unjuk gigi pada acara wisuda sekolah Yayasan Syekh Dahiru. Sang kakek, Syekh Dahiru Usman, ingin menunjukkan kebenaran kabar prestasi cucunya. Ia ingin membuktikan bahwa prestasi si kecil Rukkayatu bukanlah sebuah kebetulan melainkan karena ia belajar dengan sungguh-sungguh.

Syekh pun kemudian meminta Rukkayatu berdiri di hadapan para hadirin, termasuk beberapa ulama. Mereka menguji hafalan dan kebenaran bacaan Alquran Rukkayatu. Hasilnya begitu menakjubkan mereka.

Menghafal Alquran tampaknya menjadi prestasi keluarga Rukkayatu. Ibunya, Sayyada Maimunatu, telah menjadi hafizah pada usia 12 tahun. Ayahnya, Fatahu Umar Pandogari, pun seorang hafiz. Didikan sang kakek, yang merupakan ulama terkenal di Bauchi, rupanya menghasilkan keluarga penghafal Alquran.

Mengenai putri kecilnya yang hafal Alquran pada usia balita, Sayyada Maimunatu mengaku sangat gembira sekaligus bersyukur. “Saya sangat bersyukur kepada Allah untuk ini. Saya juga bersyukur memiliki ayah seperti Syekh Dahiru yang mendidik saya di jalan Islam. Semoga Allah memberinya umur panjang sehingga beliau dapat terus mengabdikan diri kepada Allah dan bermanfaat bagi umat Islam dan umat manusia pada umumnya,” tuturnya.

Sang ibu pun bertekad terus menjaga hafalan Alquran putrinya. Begitu pun pendidikannya, akan ia prioritaskan pada pendidikan Islam. Republika.

 

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10