Solusi Mengatasi Anak yang Suka Mengompol

Solusi Mengatasi Anak yang Suka Mengompol – Pada umumnya anak akan mulai berhenti mengompol sejak usia mereka dibawah lima tahun. Namun, adakalanya beberapa anak yang masih terus mengombol bahkan diusianya yang sudah 8 tahun. Sebuah fakta mengungkapkan bahwa 5 hingga 10 persen anak, terutama laki-laki masih mengompol di usia 10 tahun. Kasus ini biasanya terjadi secara turun temurun, misalnya hal yang sama pernah dialami salah satu orangtua, saudara, dan keluarga dekat lainnya.

Tidak ada pejelasan yang pasti tentang penyebab anak anda mengompol, meskipun hal terseut sering dihubungkan dengan masalah konstipasi. Jika memang masalahnya menyangkut konstipasi, perubahan pola makan seperti mengkonsumsi sayur-mayur, buah-buahan, dan air di pagi hari dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Pastikan anak anda tidak minum minuman yang mengandung kafein seperti soda, kopi, dan sebagainya, dan cobalah batasi asupan cairan yang mereka konsumsi pada sore hari.
Anda juga bisa menjadi alarm mengompol bagi anak anda, misalnya dengan membangunkannya dari tidur setiap beberapa jam untuk buang air kecil, hingga rutinitas tersebut akhirnya menjadi kebiasaan mereka bahkan tanpa bantuan anda. Jika cara tersebut tidak berhasil, anda bisa mengajak anak anda ke ahli atau dokter yang bisa menangani masalah ngompol tersebut. Biasanya dokter akan melalukan beberapa metode seperti hipnosis, melalui obat, atau bahakan pengobatan Homeopathic.

Yang terpenting, jangan pernah menyalahkan anak anda akan kebiasaannya tersebut, karena pada dasarnya mereka sangat ingin bisa berhenti ngompol seperti teman-temannya yang lain. Beri dukungan kepadanya untuk mengurangi dan mengobati kebiasaan ngompolnya. Judul artikel “Solusi Mengatasi Anak yang Suka Mengompol“.

 

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10