Setelah Belajar Pengertiannya, Mari Kita Pahami Perbedaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh

Masih bingung dengan Perbedaan Zakat Infaq dan Shodaqoh ? kalau iya, silahkan anda melanjutkan membaca artikel ini. Istilah zakat, shadaqoh dan infaq menunjuk pada satu pengertian yaitu mengeluarkan hartanya sebagai bekal diakhirat. Ketiga istilah memiliki persamaan dalam peranannya dengan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengentasan kemiskinan. Terdapat juga perbedaan dari ketiga istilah yang dilakukan oleh umat muslim dalam menuju jalan Allah. Perbedaannya adalah jika zakat itu hukumnya wajib sementara shadaqoh dan infaq hukumnya sunah, atau zakat diartikan sebagai sesuatu yang wajib dikeluarkan sementara infaq dan shodaqoh itu tidak wajib. Sehingga pengeluaran yang sifatnya sukarela itu disebut dengan infaq dan shodaqoh.

Zakat ditentukan nisabnya sedangkan infaq dan shodaqoh tidak mempunyai batas. Zakat ditentukan siapa saja yang berhak menerimanya sementara infaq atau shodaqoh boleh diberikan kepada siapa saja. Selain itu anda juga dapat mencermati Perbedaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh berikut ini :

1. Zakat, bersifat wajib dengan adanya ketentuan atau batasan jumlah harta yang harus zaka serta, siapa yang boleh menerima.

2. Infaq, merupakan sebuah sumbangan sukarela yang boleh diberikan kepada siapa saja dan dilakukan secara sukarela tanpa memaksa.

3. Shadaqoh, penjabarannya lebih luas dari infaq karena yang disedekahkan itu tidak terbatas baik itu materi atau berupa harta lainnya yang dibutuhkan oleh orang lain sementara kita memiliki kekayaan cukup dan pantas untuk melakukan sedekah.

Perbedaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh Secara Luas

Sedekah ini memiliki arti dimana, memberi derma untuk mematuhi hukum dimana kata zakat digunakan didalam didalam Al-qur’an dan Sunnah. Zakat sudah disebut sedekah karena zakat merupakan sejenis derma yang diwajibkan sementara sedekah itu dilakukan secara sukarela. Jumlah dan nisab zakat ditentukan ini lah perbedaan yang paling mudah dikenali. Karena untuk infaq dan shodaqoh tidak ada batasan jumlah sehingga dapat ditentukan sesuai keinginan penyumbang.

Sebenarnya pengertian sedekah sama dengan pengertian infaq hanya saja sedekah memiliki makna yang lebih luas dari infaq. Jika infaq berkaitan dengan materi sementara sedekah yang memiliki arti lebih luas menyangkut hal, yang bersifat non materi. Sehingga dalam melakukan sedekah kita dapat menyumbangkan berupa daa ataupun beberapa benda yang dibutuhkan misalnya menyumbang material untuk pembangunan masjid, kemudian menyumbang perlengkapan yang dibutuhkan didalam masjid itu.

Infaq, sedekah dan zakat memiliki pengertian dan ketentuan yang berbeda hanya saja tujuan utamanya sama yaitu menuju jalan Allah. Berbuat kebaikan selama didunia terutama beribadah dan beramal akan memudahkan kehidupan diahkirat nanti. Kebahagiaan harus didapatkan di dunia dan diakhirat. Tanpa kita melakukan sedekah, infaq dan zakat amal sebagai bekal kehidupan diakhirat dapat sengsara. Amal dilakukan berdasarkan niat ikhlas dari dalam diri sendiri. Karena ketika melakukan sedekah, infaq atau zakat tanpa memiliki rasa ikhlas akan percuma.

Dimana tidak akan mendapatkan pahala yang nantinya akan memudahkan kehidupan didalam akhirat. Bagi setiap umat muslim yang memiliki harta dalam jumlah cukup sebaiknya harus melakukan sedekah. Karena sebenarnya pendapatan perbulan yang didapatkan itu harus disedekahkan 1/8. Tidak perlu merasa takut untuk kehabisan harta ketika melakukan sedekah, infaq ataupun zakat. Karena dengan melakukan mengeluarkan sejumlah kekayaan untuk sedekah, infaq dan zakat tidak berpengaruh menghabiskan kekayaan kita justru akan menambah jumlah kekayaan kita secara perlahan. Dikatakan seperti ini karena Allah selalu memudahkan pintu rejeki bagi seseorang yang melakukan zakat, infaq dan sedekah. Jadi, sudah jelas ya tentang Perbedaan Zakat, Infaq dan Shodaqoh? semoga bermanfaat.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10