Senyawa Daging Merah Merusak Jantung

Rumah Anak Yatim – Banyak ahli kesehatan menyarankan agar kita menghindari menyantap daging merah, seperti steak, daging giling, dan daging asin (bacon). Mereka menyebut panganan ini bakal merusak kesehatan jantung karena tingginya kandungan lemak jenuh.

Jurnal Nature Medicine edisi terbaru memaparkan riset teranyar soal senyawa karnitin pada daging merah. “Kolesterol dan kadar lemak jenuh dari daging merah memang tidak terlalu tinggi. Tapi, ada sesuatu lain yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko kardiovaskular,” kata ketua peneliti, Dr Stanley Hazen, dari Klinik Cleveland.

Penelitian itu mengungkapkan bahwa karnitin dalam daging merah dapat dipecah oleh bakteri dalam usus. Ini dimulai dari rantai peristiwa yang mengakibatkan tingkat kolesterol tinggi. Kandungan lemak jenuh dan cara mengolah daging yang diawetkan diperkirakan berkontribusi terhadap masalah jantung.

Percobaan pada tikus dan manusia menunjukkan bahwa bakteri dalam usus bisa memakan karnitin. Senyawa ini dipecah menjadi gas yang dikonversi dalam hati membentuk bahan kimia yang disebut TMAO. Dalam studi tersebut TMAO sangat terkait dengan penumpukan simpanan lemak di pembuluh darah. Penimbunan inilah yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

TMAO sering diabaikan. “Ini mungkin produk limbah, tapi sangat signifikan mempengaruhi metabolisme kolesterol dan efeknya mengarah ke akumulasi kolesterol,” ujar Hazen.

Mengurangi jumlah bakteri yang memakan karnitin dapat mengurangi risiko kesehatan akibat daging merah. Vegetarian alami memiliki sedikit bakteri yang mampu memecah karnitin daripada mereka pemakan daging.

Menurut Hazen, temuan ini mendukung gagasan bahwa makan lebih sedikit daging merah lebih baik. Karena itu, pemerintah Inggris menganjurkan penduduknya untuk tidak makan daging merah lebih dari 70 gram per harinya.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10