Sedekah Tiap Ruas Tulang

Sedekah setiap ruas tulang – Rasululloh Saw. Bersabda,”Hendaklah masing – masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adlah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang makruf adalah sedekah, mencegah yang munkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.” (HR Muslim).

Nabi Muhammad Saw. Menginatkan segenap umatnya agar senantiasa bergerak dinamis dalam beramal saleh, berlomba – lomba dalam kebaikan, serta mempersembahkan pengabdian terbaik dari jiwa raganya untuk berbagai aktivitas di jalan Alloh Swt.. Bahkan, digambarkan agar setiap muslim untuk mensyukuri seluruh 360 ruas tulang yang Alloh berikan ke dalam tubuh manusia. Caranya dengan bersedekah untuk setiap ruas tulang kita miliki.

Pertama, dengan memperbanyak frekwensi ucapan kalimat thayyibah setiap pagi hari. Seperti ucapan Subhanalloh (Maha Suci Alloh), Alhamdulillah (Segala Puji bagi Allaoh), Lailaha illallah (Tidak ada sesembahan selain Alloh), dan Allohu Akbar (Alloh Maha Besar).

Kedua, senantiasa memerintahkan yang baik dan mencegah yang buruk (amar makruf nahi munkar). Alloh berfirman,”Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, meyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang – orang yang beruntung.” (Qs Ali Imran [3]: 104).

Ketiga, menegakkan shalat Dhuha dua rakaar di pagi hari. Sebab, banyak kemuliaan dan manfaat dari shalat dhuha. Rasululloh Saw. Bersabda,”Siapa saja yang dapat mengerjakan shalat Dhuha dengan langgeng (lapang), maka akan diampuni dosanya oleh Alloh, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (HR Tirmidzi).

Bersedekah untuk setiap ruas tulang badan merupakan ungkapan rasa syukur atau terima kasih kepada Alloh atas segala karunia, baik berupa kesehatan, rezeki, kesempatan, maupun kesempurnaan tubuh. Maka, alangkah kufurnya bagi setiap orang, bila mereka tak pernah mau bersedekah dengan diri mereka atas nikmat sehat yang diberikan Alloh pada setiap ruas tulangnya.

Jika seseorang pandai berterima kasih dan nersyukur kepada Alloh, maka Sang Pencipta pun akan membalasnya dengan kebaikan yang lebih banyak lagi.” Dan (ingatlah), tatkala Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat – ku), maka sesungguhnya azab – Ku sangat pedih.” (Qs Ibrahim [14]: 7)

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10