Seberapa Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini?

pendidikan anak usia diniPentingnya Pendidikan Anak Usia Dini untuk merangsang perkembangan otak dan perilaku baik terhadap anak. Pendidikan merupakan aset penting untuk kemajuan suatu bangsa.
Karena jika generasi penerus memiliki prestasi baik serta pemikiran yang cerdas perkembangan bangsa juga akan semakin lebih baik. sejak usia dini anak membutuhkan pemenuhan pendidikan sejak usia dini. Sehingga orang tua harus melakukan pemahaman akan karakteristik anak supaya lebih mudah untuk dalam proses belajarnya. Karena bagi anak – anak yang masih berusia dini, belajar membutuhkan kondisi yang tepat baik secara emosional, sosial dan intelektual. Maklum saja anak – anak kadang rewel jadi ketika rewel jelas tidak mau untuk belajar. Dengan demikian pancinglah suatu hal menarik untuk membuat anak tersebut semangat untuk belajar sehingga orang tua bisa memberikan pendidikan secara tepat dan baik.

Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan untuk membantu pertumbuhan serta perkembangan anak baik secara rohani maupun jasmani. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini memang harus dipahami oleh orang tua supaya perkembangan otak si kecil menjadi cerdas. Mengapa dikatakan bahwa pendidikan anak usia dini sangat penting?, berdasarkan hasil penelitian 50% kecerdasan ketika sudah dewasa telah terjadi pada saat berumur 4 tahun. Karena 80% sudah terjadi perkembangan secara pesat akan jaringan otak pada saat usia 8 tahun yang kemudian mencapai puncaknya di usia 18 tahun. Setelah 18 tahun perkembangan kognitif tidak akan terjadi meskipun dilakukan perbaikan nutrisi.

Dengan demikian hal ini bisa diartikan bahwa perkembangan otak terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama yang besarnya sama dengan perkembangan pada waktu 14 tahun berikutnya. Dengan demikian periode perkembangan tersebut berpengaruh besar terhadap perkembangan otak hingga periode berikutnya yaitu masa dewasa. Masa emas atau gold ini datang satu kali sehingga harus dimanfaatkan sebaik – baiknya. Sehingga orang tua harus memberikan pendidikan sedini mungkin.

Arahan anak pada sekolah playgroup sejak usianya 3 – 4 tahun. Ketika bersekolah di playgroup orang tua bisa memahami tentang karakteristik anak dari cara bergaul dengan temannya serta cara belajar kemudian berinteraksi dengan guru di dalam sekolah tersebut. Dengan demikian anak akan lebih mudah untuk bersosialisasi sehingga tidak menjadi seorang pemalu jika sudah besar nanti. Pendidikan mental juga sangat penting untuk menciptakan kepribadian yang tidak pemalu.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini yang harus diberikan oleh orang tua supaya perkembangan otak serta perilakunya seiring dengan pertumbuhan. Pendidikan usia dini harus diberikan untuk persiapan anak dalam menghadapi masa selanjutnya. Investasi terbaik yang dapat dilakukan orang tua untuk anak – anak memang persiapan pendidikan diusia dini. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pendidikan usia dini adalah salah satu bentuk mendidik yang menitikberatkan dasar pendidikan untuk pertumbuhan serta perkembangan otak si anak. Memang pendidikan sejak usia dini akan merangsang kecerdasan otak serta perkembangan fisik atau koordinasi motorik baik halus dan kasar.

Selain itu orang tua juga harus mengenalkan anak terhadap keagamaan dari mulai mengenal huruf arab serta beberapa doa untuk kehidupan sehari – hari. Perbedaan pada anak yang diberikan pendidikan sejak usia dini dan tidak sangat terlihat. Karena anak yang sudah diberikan pendidikan sejak dini akan menjadi seseorang mandiri karena tidak bergantung dengan orang tua. Buah hati anda yang sudah mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD akan lebih belajar tentang tanggung jawab serta kedisiplinan sehingga akan lebih mandiri.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10