Program Kerja – Non Pengasuhan

Logo Sahabat Yatim Indonesia

Santunan Anak Didik (Program : SIADIK)

Memberikan santunan dana uang saku kepada lebih dari seribu anak-anak Yatim yang tinggal disekitar asrama. Nilai uang saku berbeda sesuai dengan tingkat sekolah anak, dan diberikan setiap dua bulan.

Santunan Janda Dhuafa (Program : SAJADAH)

Santunan logistik berupa beras dan mie instan kepada Janda serta Dhuafa yang tinggal disekitar asrama. Santunan diberikan rutin setiap bulan, digilirkan di tiap area asrama.

Bantuan Guru Qur’an Bulanan (Program : IBUQU)

Bantuan yang diberikan kepada guru-guru TPA kecil sebagai tambahan insentif yang selama ini diketahui nominalnya minim diberikan lembaga dimana mereka mengabdi.

Rumah Cerdas (Program : RUCER)

Merupakan beragam kegiatan pendidikan yang tidak hanya meilibatkan anak asuh mukim, namun juga anak asuh non mukim sekitar asrama. Bentuk kegiatan beragam, menyesuaikan kebutuhan anak di lingkungan terkait. beberapa kegiatan diantaranya : Bimbingan belajar seperti bahasa Inggris, Arab, Tahfidz. Matematika, Pelaksanaan baca tulis Qur’an (IQRO), Study lapang, Kerajinan Tangan, dll.

Yatim Mandiri (Program : YAMAN)

Program kewirausahaan / usaha kecil yang sedianya nanti menjadi tempat belajar entrepreneur anak-anak yatim dhuafa yang berusia remaja. Selain sebagai sarana belajar, konsep program diharapkan juga sebagai jembatan sosialisasi yayasan kepada masyarakat khususnya calon donatur serta bentuk layanan mendapatkan produk murah berkualitas bagi donatur yayasan. Saat ini program dilaksanakan di area Graha Raya Bintaro (Yaman Mart).

Bantuan Kesehatan (Program : SAHABAT)

Merupakan bantuan bagi anak-anak yatim & dhuafa, serta keluarga fakir & miskin yang membutuhkan biaya pengobatan.

Hari Besar Nasional : Hari Gizi, Hardiknas, Ramadhan, Idul Adha, Lebaran Yatim & Hari Ibu

Merupakan program rutin yang dilaksanakan dengan beragam aplikasi. Semuanya ditujukan untuk kebermanfaatan bagi anak-anak yatim, dhuafa serta janda dan dhuafa lainnya. Bentuk program aplikasi diantaranya : Pemberian paket sekolah dan uang saku, THR Yatim, Berbagi ta’jil gratis, Sahur on the road, Sanlat, tebar Qurban, Festival Kuliner yatim Dhuafa, belanja Ceria Yatim, Santunan & Training Lifeskill janda Dhuafa, dll.

Bantuan Sosial Keagamaan

Bantuan bagi pembangunan tempat-tempat ibadah seperti bantuan biaya pembangunan mushola, masjid, perlengkapan mushola / masjid, tempat wudhu, sound system, dsb.

Modal Kerja bergulir bagi Dhuafa

Merupakan program bagi pedagang mikro / lemah dengan modal kerja kurang dari 5 juta. Bantuan merupakan dana pinjaman lunak yang pembayarannya dicicil dengan nominal disesuaikan kemampuan.

Bantuan Sarana / Pra Sarana Belajar TPA

Bantuan kepada TPA-TPA yang keberadaannya di tengah masyarakat berdiri atas inisiatif dan fasilitas seadanya. Dukungan yang diberikan dalam program ini diharapkan dapat ikut memperkuat dan memperbaiki kualitas kegiatan pengajaran di lembaga tersebut.

Pembangunan Pesantren Yatim Dhuafa dan Masjid Yayasan

Merupakan program jangka menengah yang dicanangkan sebagai upaya totalitas mengawal dan membina anak-anak yatim serta dhuafa dalam lingkungan yang terkondisi dan terarah. Juga sebagai upaya untuk membentuk pribadi robbani, generasi taqwa yang shalih dan berilmu.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia