Ferena Hasna Kamila

6 Tips Memotivasi Belajar Anak

penyaluran bantuan sosail dari pemerintah kota tangsel airin

PRESTASI BELAJAR ANAK

6 Tips meningkatkan Prestasi Anak - Pembaca sekalian artikel ini berupaya untuk saling berbagi untuk menambah keilmuan terutama untuk team pendidik kami di yayasan Sahabat Yatim Indonesia atau terhadap pendidikan di sekolah atau di keluarga yang memiliki peran penting mencerdaskan anak sebagai calon generasi bangsa. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar anak, faktor-faktor lingkungan, rangsangan dan dorongan orang tua dan guru sangat menunjang. Berikut ini 6 faktor penunjang prestasi belajar anak :
1.       Tempat belajar yang baik
Tempat belajar di sini ialah dengan adanya ketenangan, tempat tersendiri, warna dinding yang sesuai, bersih, cukup penerangan, ventilasi dll. Tidak dapat dibantah lagi bahwa tempat belajar yang baik turut menunjang terhadap prestasi anak akan dicapai anak tersebut dalam belajar.
2.       Ada pembagian waktu
Buatlah jadwal belajar di rumah, jangan belajar seenaknya saja tanpa rencana. Perlu diingat bahwa belajar terlalu lama pun tidak efektif dan membuang-buang waktu.
3. Alat-alat pelajaran perlu dipersiapkan sebelum belajar
Belajar tidak akan lancar dan tidak baik hasilnya tanpa alat-alat yang secukupnya. Contoh sederhana, ketika akan membuat gambar bidang datar, bila tak tersedia mistar, maka  tidak akan terlaksana dengan baik.
4.       Suasana tenang
Sussana tenang waktu belajar sudah pasti memberi motivasi yang baik pula, karena dalam proses belajar yang demikian akan menentukan dan mempengaruhi prestasi anak dalam belajar .
5.       Pergaulan anak
Arthur S Maxwell berkata:” jikalau anda menginginkan anak-anakmu mempunyai pendidikan yang benar dan berprestasi baik, janganlah anda membiarkan anak-anak itu bergaul terlalu bebas dengan tetangga. Dan ibu adalah seorang pemelihara dan penjaga anak terbaik di dunia, tugas dia yang penting itu tidak dapat digantikan dengan orang lain.”
6.       Memerlukan ketekunan dan ketabahan
Seorang motivator, Ellen G White pernah berkata :” biarlah setiap anak dan orang muda diajar bahwa setiap kesalahan, setiap kekeliruan, kesulitan, dan kekalahan menjadi satu loncatan kepada perkara-perkara yang lebih baik dan prestasi yang lebih tinggi. Dengan melalui pengalaman ketekunan dan ketabahan yang demikianlah semua orang atau anak muda yang pernah membuat hidup ini bernilai atau berharga, bagi orang-orang yang ingin mencapai kemajuan”.
Akhir kata, bacalah makna kata-kata mutiara di bawah ini untuk menambah semangat untuk meningkatkan prestasi belajar anak :
Ketinggian yang dicapai dan diraih oleh orang-orang besar,
Tidak dicapai dengan satu kali terbang,
Tetapi mereka mencapainya,
Sementara teman-temannya tidur pulas
Ia bekerja keras di waktu malam tanpa mengenal lelah……”
6 faktor di atas adalah sarana dan wahana sederhana yang mungkin berguna untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Memang mendidik anak bukanlan kegiatan disela sela kesibukan bekerja, tetapi justru mendidik anak adalah menjadi pekerjaan utama bagi orang tua. Sekalipun berat dirasa tapi jika kita bersungguh sungguh maka hasil manis akan dituai.
Bayangkan bagaimana perasaan orangtua melihat anak anaknya tumbuh berprestasi seperti Syarifuddin Khalifah Selain faktor faktor ini bisa menunjang pula peran Bimbel – Bimbingan belajar sebagai faktor eksternal pendidikan terhadap anak.

Rekening Sahabat

rekening yayasan sahabat yatim piatu dan dhuafa