Pintar Memilih Makanan Untuk Ibu Hamil 4 bulan

Pintar Memilih Makanan Untuk Ibu Hamil 4 bulan

Makanan ibu hamil 4 bulan, Masa kehamilan merupakan masa yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Hal tersebut menjadi anugerah yang sangat luar biasa bagi mereka. dalam masa kehamilan tentunya ibu hamil selalu rewel dengan beberapa gejala kecil yang mengganggunya. Salah satunya yaitu sering mual dan muntah. Kondisi yang demikian tak jarang membuat ibu hamil menjadi malas untuk mengonsumsi makanan sehingga mereka tak pernah memperhatikan makanan penting dan bergizi bagi dirinya dan calon buah hati. Gejala-gejala tersebut biasanya ditemui ketika janin berusia 0-4 bulan. Padahal dalam waktu tersebut sang janin sedang giat-giatnya melakukan pertumbuhan dan perkembangan untuk menyempurnakan bentuk-bentuk anggota badan. Ginjal dan hati ketika itu mulai tertentu. Sidik jari pun juga mulai terus tumbuh. Tulang terus mengalami pertumbuhan dan pertambahan panjang. Oleh karena itu penting sekali memperhatikan kebutuhan gizi yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Apa Saja Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil 4 Bulan ?

Makanan ibu hamil 4 bulan harus banyak mengandung kalsium, vitamin D, magnesium, vitamin B, serta Omega 3. Semua vitamin dan zat yang dibutuhkan tersebut harus terdapat pada makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Bila kita telah mengikuti aturan makanan ‘4 sehat 5 sempurna’, tentu kelengkapan dan kecukupan gizi makanan sehat bagi ibu hamil telah terjamin. Akan tetapi, ada baiknya jika lebih memfokuskan makanan yang mengandung zat-zat tersebut di atas saat tubuh membutuhkannya. Bayi ketika mengalami pertumbuhan tulang sangat membutuhkan banyak magnesium. Penelitian telah menunjukkan bahwa kebutuhan magnesium pada awal usia kehamilan sangat berpengaruh terhadap panjang, berat, serta lingkar kepala sang bayi ketika lahir kelak. Tidak hanya itu, magnesium sangat penting dalam rangka pembentukan otot, termasuk juga otot rahim.

Magnesium ini bisa kita temukan pada sayuran hijau, kacang kedelai, kacang,melon, serta gandum. Ketika hamil penting sekali untuk mengonsumsi beberapa makanan di atas. Makanan ibu hamil 4 bulan sebenarnya sangat mudah ditemukan. Seperti contohnya sayuran dan kacang kedelai dapat dengan mudah untuk dicari.

Hal lain yang menghambat adalah ketika ibu hamil yang bersangkutan tak mengetahui informasi tersebut. Biasanya mereka cenderung acuh dan mengonsumsi makanan sesuka hati mereka tanpa memperhatikan kecukupan dan kandungan gizi pada makanan yang dimakan. Sebagai ibu hamil, penting sekali membaca tabloid mengenai kehamilan serta beberapa makanan yang harus dikonsumsi. Di media cetak maupun elektronik, informasi yang demikian banyak sekali dimuat.

Makanan ibu hamil 4 bulan, semakin aman ketika kita sendiri yang mengolahnya. Tentu hal tersebut lebih higienis dibandingkan membeli kepada orang lain. Ada beberapa tips memasak makanan yang sehat untuk ibu hamil. Pertama, makanan yang dimasak tersebut harus benar-benar matang untuk menghindari bakteri yang masih hidup. Kedua, ketika memotong sayuran sebaiknya memotong setelah sayuran tersebut dicuci. Hal ini untuk menjaga vitamin dan mineralnya supaya tidak hilang.

Terakhir, makanan tersebut lebih baik dikukus dari pada direbus. Pada dasarnya membuat atau menghadirkan makanan yang sehat untuk ibu hamil bukanlah hal yang sulit atau ribet. Untuk ibu hamil sebaiknya makan dalam porsi yang sewajar dan secukupnya saja, yang terpenting adalah kecukupan gizi atau nutrisi pada makanan yang, Nah, itu tadi makanan ibu hamil 4 bulan yang sangat baik untuk kesehatan janin serta ibunya, selamat mencoba.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10