Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

guru tkPeranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak sangatlah penting untuk membentuk karakter baik pada seorang anak hingga kedewasaannya nanti. Pendidikan adalah suatu usaha dalam membina seorang anak untuk menciptakan kepribadian yang sesuai dengan norma – norma di dalam masyarakat terutama keluarga. Setiap orang tua wajib mendidik anaknya dengan sebaik – baiknya. Kepribadian seorang anak akan terbentuk tergantung dari cara mendidik orang tuanya.

Anak berhak mendapatkan pendidik sejak usia dini di mana seorang anak mampu mengembangkan kemampuan berfikirnya secara baik. Pendidik hanyalah suatu perbuatan sosial yang mendasar pada pertumbuhan dan perkembangan pola berfikir lebih dewasa dan bijak. Orang tua sebagai lingkungan pertama di mana anak akan berinteraksi tentang berbagai hal yang belum diketahuinya dan di sinilah proses pendidikan akan dimulai. Dengan demikian orang tua memiliki peranan besar untuk mempengaruhi pendidikan anaknya.

Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak

Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak adalah memberikan bantuan untuk mengarahkan anaknya pada sikap belajar yang efektif sehingga keterampilan dan pengetahuannya akan mendasari kepribadian anak. Orang tua harus mengatur waktunya sebaik mungkin terutama dalam memperhatikan anak di samping kesibukannya bekerja. Sebab, masa depan seorang anak sangat bergantung dengan cara mendidik dan perhatian dari orang tuanya. Orang tua selalu berharap supaya anaknya bisa menjadi seorang yang berkepribadian baik pintar dan bisa hidup lebih baik daripada orang tuanya . Harapan itu bisa terwujud ketika orang tua mampu mendidik secara baik dengan selalu memberikan pengarahan untuk semua hal akan pendidikannya. Perkembangan otak anak sangat dengan demikian lakukan pendekatan melalui komunikasi halus maupun komunikasi kasar untuk mengasah keterampilan yang dimiliki oleh anak.

Orang tua harus berperan besar dalam pendidikan anaknya terutama dalam memilihkan tempat untuk mendapatkan pendidikan supaya perkembangan otaknya semakin baik sehingga bisa menghasilkan suatu prestasi. Giatnya anak dalam belajar juga dipengaruhi dari perhatian keluarga di dalam rumah. Jika orang tuanya menerapkan suatu kedisiplinan terutama dalam kegiatan anak – nak sehari dan selalu membimbing dalam belajarnya prestasi anak juga akan terulir dengan baik. selain membimbing di dalam rumah arahkan anak untuk mengikuti les privat supaya bisa menguasai materi secara baik.

Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak yang sudah memasuki usia remaja juga sangat penting. perubahan dari masa anak – anak untuk menjadi seorang remaja itu membutuhkan perhatian dan bimbingan secara tepat. Utamakan pendidikan daripada pergaulan anak terutama dilingkungan sekolahnya. Sehingga orang tua harus berperan untuk bisa mengawasi dan menjaga anaknya supaya tidak salah bergaul di usia remajanya. Tanamkan perkembangan yang terarah untuk mencapai kebahagiaan dalam masa dewasanya. Kebahagiaan itu dipicu dari cara belajarnya sejak kecil terutama perhatian dari orang tua dalam proses belajarnya ketika duduk di bangku sekolah. Sehingga jangan salah mengerahkan anak hanya disebabkan kesibukan dalam bekerja dan membiarkan anak untuk berkembang tanpa pengawasan secara penuh.

Karena sangat kurang tepat jika orang tua hanya menyerahkan anaknya kepada guru untuk di didik tanpa diperhatikannya. Guru hanya bertemu di sekolah dan itupun tidak sehari penuh sehingga waktunya sangat terbatas. Selain itu kasih sayangnya juga tidak setulus kasih sayang orang tua kandungnya. Dengan demikian meskipun anak sudah diserahkan kepada guru, perhatian dan pembimbingan orang tua tetap harus diperhatikan dalam perkembangan rohani dalam keadaan belajarnya. Tidak hanya rohaniah saja, secara lahiriah orang tua juga.

harus memberikan pakaian yang layak dan selalu memberikan bimbingan dalam kegiatan belajar anak tersebut.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10