Penyebab Obesitas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Obesitas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Obesitas dan Cara Mengatasinya

 

Kegemukan atau kelebihan berat badan atau biasa juga disebut dengan obesitas merupakan masalah yang kini banyak melanda manusia modern. Hal tersebut disebabkan karena gaya hidup maupun makanan yang mereka konsumsi. Tidak hanya itu. mereka yang sibuk bekerja di kantor dan hanya duduk seharian serta tidak melakukan banyak gerakan merupakan salah satu penyebab seseorang terkena obesitas.

Penting untuk mengkonsumsi dan menjaga makanan yang tepat dan sehat terutama ketika sarapan. Selain itu, pastikan bahwa makanan anda kaya akan serat dan nutrisi.

Sebuah film dokumenter yang berasal dari Amerika yaitu “Super SizeMe” yang menceritakan seorang pemuda sebagai pemeran utamanya,film ini ingin memberitahukan anda apa yang akan terjadi jika dia mengkonsumsi makanan cepat saji selama satu bulan penuh. Seperti McDonald contohnya.

Dalam perjalanan cerita tersebut bisa kita ketahui bahwa obesitas bisa timbul salah satunya disebabkan oleh makanan cepat saji. Tak hanya itu, setelah penyelidikan secara menyeluruh ternyata ada banyak gangguan lainnya yang disebabkan oleh makanan tersebut.Diantaranya, adalah konsekuensi fisik, mental, emosional, dan masalah yang lainnya.

Seseorang yang sering mengkonsumsi makanan siap saji biasanya lebih mudah untuk terserang penyakit dan rentan terhadap obesitas.

Jumlah penderita obesitas meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun terakhir ini. Kehidupan dan pekerjaan yang banyak menyita waktu membuat seseorang enggan untuk memikirkan masalah makanan dan bergerak. Sehingga kebanyakan dari mereka tidak peduli pada makanan yang masuk ke dalam perut. Padahal banyak dokter dan ahli kesehatan telah memperingatkan bahwa “seseorang bisa dilihat dari apa yang dia makan”.

Obesitas memang lebih mudah menyerah orang dewasa maupun mereka yang sudah tua.Akan tetapi, saat ini ternyata anak muda yang berusia dibawah 20 tahun pun sering terkena obesitas.

Salah satu organisasi kesehatan dunia yaitu W.H.O telah memberikan peringatan bahaya dari obesitas. Berbagai penyakit kronis biasanya akan mudah menyerang orang yang memiliki kelebihan berat badan. Bahkan bagi ibu hamil, hal tersebut juga bisa menjadi sebuah masalah yang serius. Obesitas merupakan masalah kesehatan kedua yang sangat berbahaya setelah rokok.

Beberapa resiko yang akan dihadapi oleh mereka yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan di antaranya adalah:

  • Diabetes
  • Kanker
  • Aterosklerosis
  • Serangan jantung
  • Stroke
  • Depresi
  • Degenerasi sendi
  • Gastritis, dan masih banyak lagi.

Beberapa makanan siap saji mengandung bahaya bagi kesehatan yang tidak sedikit. Berikut adalah beberapa kandungan yang dimiliki oleh makanan siap saji, diantaranya adalah:

  1. Terlalu banyak kalori
  2. Terlalu banyak lemak,dan
  3. Terlalu sedikit nutrisi.

Apakah hal tersebut akan berpengaruh pada otak kita?Tentu saja iya! karena obesitas bersumber dari:

  1. Makan berlebihan
  2. Terlalu banyak kalori
  3. Asupan lemak jenuh yang berlebihan
  4. Kurangnya kemampuan untuk menguasai diri
  5. Kelemahan karakter
  6. Kecenderungan genetik
  7. Kerakusan
  8. Kurang bergerak, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya banyak daging dan makanan-makanan sehat seperti kentang tidak terlalu berbahaya bagi tubuh kita.Akan tetapi, karena daging tersebut berasal dari sapi yang diberikan antibiotik atau obat-obatan secara berlebihan untuk proses penggemukan membuat kita yang mengkonsumsi dagingnya menjadi ikut terkena efek obat tersebut.Hal inilah yang berbahaya. Tidak hanya pada daging, kentang yang dimodifikasi secara genetik juga sangat berbahaya.Kentang dapat menjadi salah satu sumber masuknya pestisida atau pupuk sintesis kedalam tubuh kita.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10