Penyebab Menurunnya Kekebalan Tubuh dan Cara Mengatasinya

Penyebab Menurunnya Kekebalan Tubuh dan Cata Mengatasinya

Penyebab Menurunnya Kekebalan Tubuh dan Cara Mengatasinya

Pada musim dingin biasanya imunitas bekerja dua kali lebih berat dibandingkan hari-hari biasa.Hal tersebut karena imunitas harus membagi 2 pekerjaannya, yaitu melawan dingin dan melawan virus serta bakteri yang akan menyerang tubuh.

Terutama pada musim dingin, sangat penting untuk mengetahui beberapa penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia.Jika kita tahu hal tersebut, tentu kita juga akan lebih mudah untuk menghindarinya.

Beberapa kasus menurunnya imun tubuh seseorang sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal yang sangat sederhana dan sudah kita ketahui.Akan tetapi, kebiasaan tersebut seringkali kita abaikan dan membuat imun tubuh kita menjadi rentan terhadap serangan penyakit.

Berikut adalah beberapa penyebab menurunnya kekebalan tubuh dan cara mengatasinya.

  1. alkohol

Pada musim dingin biasanya orang lebih memilih alkohol untuk menghangatkan tubuhnya, akan tetapi tahukah anda bahwa alkohol adalah salah satu pembunuh imun tubuh terbesar di dunia?Beberapa minuman yang mengandung alkohol seperti air dan anggur dapat merusak sistem kekebalan tubuh kita.Penelitian telah menunjukkan bahwa virus dan bakteri bahkan dapat berkembang biak dengan sangat mudah ketika seseorang mengkonsumsi alkohol.Sel-sel kekebalan tubuh seperti monosit biasanya akan melemah ketika seseorang mengkonsumsi alkohol.Selain itu, ketika seseorang mengkonsumsi alkohol, virus influenza, pilek dan hepatitis Cakan lebih mudah untuk menembus sistem pertahanan tubuh kita.

Dan tentu saja yang paling buruk adalah, saat seseorang mempercayai bahwa alkohol dapat membantu mereka untuk melawan rasa dingin dan penyakit yang ada.

Beberapa minuman hangat sebenarnya dapat membantu kita melawan rasa dingin dan membantu kita untuk mempertahankan tingkat imunitas yang sehat diantaranya adalah, jahe atau teh jahe.Bukan alkohol!

  1. Rokok

Merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk. 7 dari 10 pria di Indonesia kecanduan merokok, hal itu bisa dilihat dari banyaknya perokok yang kita temui di berbagai tempat.Mulai dari rumah hingga tempat umum.

Merokok memang sangat menyenangkan dan dapat menghangatkan ketika musim dingin tiba, akan tetapi nikotin yang ada di dalam rokok dapat membunuh kekebalan tubuh kita.

Beberapa fungsi seperti silia dan selaput lendir yang dapat menyerang virus serta kuman biasanya akan melemah dan terhambat fungsinya oleh asap rokok.Selain itu, beberapa partikel seperti protagon yang masuk ke bronkitis tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh dengan mudah.

Jadi,untuk mempertahankan imun tubuh tetap OK pada saat musim dingin adalah dengan tidak merokok.

  1. Stres

Setiap tahun banyak orang mengalami stress dan akan terus meningkat karena tidak banyak lowongan pekerjaan,atau tidak adanya pekerjaan yang bisa mereka lakukan sehingga stres sangat mudah menyerang setiap orang, terutama yang menganggur.

Tidak hanya orang yang menganggur, orang yang bekerja pun kini sangat mudah stres karena mereka selalu dalam tekanan setiap hari.

Stres dapat memicu dua hal.Yang pertama adalah, dapat menekan sistem kekebalan tubuh kita dalam jangka pendek hal tersebut akan menurunkan imunitas pada kondisi yang sangat buruk.Dan yang kedua, stress dapat membunuh sistem kekebalan tubuh terutama pada musim dingin.Stres berfungsi seperti racun bagi imunitas tubuh kita.Sehingga hal ini menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan virus, bakteri dan penyakit lainnya yang dapat melemahkan tubuh.

 

  1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara tepat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.Dengan berolahraga, daya tahan tubuh akan bertambah karena biasanya pada musim dingin kuman dan virus berkembang dengan lebih cepat.

Dengan melakukan beberapa olahraga ringan atau latihan ringan setiap hari, misalnya di dalam ruangan dapat menjaga anda dari serangan virus.

  1. Melindungi leher dan kaki

Beberapa tempat yang harus anda lindungi dari udara dingin di antaranya adalah,leher, kaki dan telinga.

Jika anda merasakan dingin pada kaki cobalah untuk membungkusnya dengan kaos kaki atau kain yang hangat.Karena apabila kaki merasa dingin, tubuh akan meresponnya dengan memberikan kehangatan.Hal ini dapat melemahkan membran mukosa di dalam tubuh sehingga memudahkan virus untuk menyerang kita.Sangat penting untuk menjaga kaki tetap hangat.

  1. Sayur, buah dan Lemak

Saat musim dingin tiba kita membutuhkan lebih banyak lemak dan energi.Karena pada musim dingin apabila kita kekurangan makanan berenergi dan lemak hal itu akan memudahkan virus untuk menyerang.Oleh sebab itu, sangat penting untuk memastikan bahwa anda tetap mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari terutama, wortel dan beberapa buah-buahan segar.

  1. Tidur (istirahat)

Jika kita tidak beristirahat dengan cukup atau jika kita tidak tidur dengan cukup, biasanya hal tersebut juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh kita.

Salah satu yang efeknya adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh kita.Jika kita tidur kurang dari 6 jam dalam sehari,rasa dingin akan menyerang dan menyebabkan seseorang kehilangan kekebalan tubuhnya dengan sangat mudah.Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas tidur anda untuk memulihkan kekuatan imun setiap hari.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10