Penyebab & Cara Mengatasi Masalah Susah Tidur / Insomnia

Penyebab & Cara Mengatasi Masalah Susah Tidur / Insomnia – Pada dasarnya kita memang butuh tidur. Tubuh yang lelah dan rasa kantuk tidak melulu bisa membuat kita tertidur dengan pulas. Bahkan seringnya kita malah sulit tidur. Padahal kita butuh stamina yang bugar dan pikiran yang segar keesokan harinya. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah susah tidur atau insomnia tersebut?

Ada banyak sekali cara atau tips mengatasi susah tidur. Tapi sebelum memulai melakukan anjuran- anjuran tersebut ada baiknya Anda mengetahui dulu penyebab pasti yang membuat Anda sulit tertidur. Dengan begitu, Anda bisa langsung memilih cara yang paling tepat untuk menangani masalah Anda.

Serangan insomnia pada diri kita disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini adalah beberapa kategori penyebab langsung disertai dengan tips mengatasi susah tidur yang telah disesuaikan dengan penyebab- penyebabnya itu. Simak dengan cermat ya.

Insomnia Karena Gaya Hidup

Penyebab sulit tidur kategori ini adalah sering begadang menonton televisi, mengerjakan tugas, lembur terlalu sering, tidak punya waktu tidur tetap, sering mengalami jetlag karena sering bepergian ke luar negeri yang memilki perbedaan zona waktu yang mencolok, sering berganti-ganti shift kerja, tidur dengan perut kosong, makan terlalu dekat dengan jam tidur, sering mengonsumsi kafein, alkohol atau nikotin.

Tips mengatasi susah tidur karena gaya hidup:

Jika insomnia yang Anda alami berhubungan dengan gaya hidup Anda, maka Anda butuh mengubah pola pikir Anda bahwa pola hidup yang Anda jalani sekarang tidak sehat dan tidak baik untuk tubuh. Jadi satu-satunya jalan adalah mengubah pola hidup tersebut dengan pola hidup yang lebih sehat melalui langkah-langkah kecil berikut:

Penyebab & Cara Mengatasi Masalah Susah Tidur / Insomnia

  1. Mulai tidur teratur pada jam yang tetap misalnya maksimal jam 11 malam.
  2. Kurangi dan hindari begadang. Seperti lagu Roma Irama, jika memang tidak terlalu mendesak sebaiknya hindari begadang. Pada jam tidur malam, sel tubuh melakukan regenarasi saat tidur, dan waktu tersebut tidak dapat digantikan di waktu yang lain.
  3. Atur pola makan Anda dengan benar. Hindari makan terlalu malam, tapi usahakan tidak tidur dengan perut lapar. Anda bisa mengkonsumsi buah pisang satu atau minum susu hangat satu jam menjelang tidur malam. Selain perut tidak lapar, makanan dan minuman tersebut dipercaya dapat menjadi obat bagi insomnia Anda.
  4. Kurangi dan hindari konsumsi kopi, minuman atau makanan beralkohol dan juga rokok.

Penyebab & Cara Mengatasi Masalah Susah Tidur / Insomnia

Insomnia Karena Gangguan Psikologis atau Emosional

Beban pikiran juga sering sering membuat kita sulit tidur atau menghantui tidur nyenyak kita. Mulai dari stres karena pekerjaan, masalah keluarga, masalah rumah tangga atau kekhawatiran akan masa depan. Dalam tahapan yang lebih parah, semua masalah itu dapat membuat seseorang menjadi frustasi dan depresi. Hal lainnya yang berhubungan dengan ‘sakit’ secara psikologis yang dapat menyebabkan gangguan tidur adalah trauma terhadap sesuatu, misalkan kejadian menakutkan.

Tips mengatasi susah tidur berhubungan dengan masalah psikologi:

  1. Cobalah untuk membuat hidup lebih mudah dengan tidak terlalu larut dalam masalah atau kesedihan. Cobalah memahami bahwa semua orang punya masalah. Anda tidak sendiri. Cobalah melupakan sejenak masalah itu saat hendak tidur.
  2. Cobalah menghipnotis diri sendiri dengan metode seperti menghitung domba. Semoga dengan cara ini Anda bisa bosan sehingga cepat tertidur.
  3. Bila Anda merasa masalah Anda berkelanjutan dan tidak bisa Anda selesaikan sendiri, datang dan konsultasikanlah ke ahlinya, misalnya psikolog atau pskiater.
  4. Berdoa sebelum tidur.

Insomnia Karena Hal-Hal Medis

Penyakit atau obat-obatan tertentu bisa juga membuat Anda susah tidur. Antara lain karena rasa nyeri, perih, sesak atau sakit lainnya yang ditimbulkan oleh penyakit- penyakit seperti penyakit maag, sakit kepala, asma, jantung atau stroke.

Tips mengatasi susah tidur karena pengaruh medis:

Untuk mengatasi hal ini, karena berhubungan dengan penyakit dan penggunaan obat-obatan cara yang paling tepat adalah dengan berkonsultasi dengan dokter anda dan menyampaikan keluhan Anda sehubungan dengan masalah susah tidur yang Anda alami.

Insomnia Karena Lingkungan

Susah tidur kategori ini disebabkan karena lingkungan yang tidak kondusif dan tidak nyaman untuk tidur seperti lingkungan yang terlalu dingin, panas atau terlalu berisik

Tips mengatasi susah tidur karena faktor lingkungan:

Lakukan penyesuaian dengan lingkungan agar lingkungan lebih nayman sehingga Anda bisa tidur dengan tenang, antara lain dengan:

  1. Kenali gaya tidur Anda yang paling nyaman seperti lebih suka tidur dengan lampu terang atau gelap? Lebih nyenyak saat ada alunan musik atau sepi sama sekali? Suka aroma terapi atau tidak? Lakukan yang paling Anda sukai.
  2. Bila konsisi cuaca sangat mengganggu Anda, mau tak mau Anda harus berusaha lebih keras misalnya dengan menggunakan AC atau kipas angin bila cuaca terlalu panas. Bila Anda tinggal di tempat dingin, pakailah selimut tebal dan baju hangat.
  3. Mintalah orang-orang disekitar Anda untuk tenang sehingga Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Judul artikel : “Penyebab & Cara Mengatasi Masalah Susah Tidur / Insomnia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Rekening Sahabat

rekening yayasan sahabat yatim piatu dan dhuafa