Penyakit Asma pada Balita atau Anak

Penyakit Asma pada Balita atau Anak – Asma adalah penyakit yang menyerang pernafasan penderitanya. Jika menimpa balita penyakit ini akan lebih sulit di diagnosa mengingat anak belum terlalu pandai mengkomunikasikan kondisi tubuhnya. Untuk itu diperlukan kepekaan orangtua dalam melihat gejala-gejala asma yang nampak pada anak mereka. Salah satu gejala umum asma yaitu batuk yang� menyerupai bronchitis terutama jika disertai sesak nafas.

Anak penderita asma akan mengalami batuk berkepanjangan yang berdahak disertai sesak nafas. Anak anda juga akan menunjukan gejala seperti otot yang tertarik dan perasaan seperti terbakar saat bernafas lewat hidung. Karena sesak nafas tersebut, seringkali anak anda akan susah untuk makan. Gejala tersebut juga disertai oleh nafas yang seringkali cepat bahkan saat ia terlelap sekalipun.

Gejala lainnya yang bisa anda lihat yaitu menurunnya stamina dan antusiasme dalam bermain dikarenakan adanya kesulitan bernafas tersebut. Asma pada balita seringkali lebih sulit ditangani. Cara terbaik untuk menghindari segala kemungkinan fatal saat asmanya kambuh yaitu memberitahukan keadaan anak anda tersebut pada pengasuh dan gurunya serta memberikan penjelasan apa saja yang mesti mereka lakukan saat asma anak anada kambuh.

Hindari membawa anak anda ketempat yang berasap, karena bahkan asap rokok sekalipun bisa memicu asmanya kambuh. Anda juga perlu memeriksakan apakah anak anda mempunyai alergi terhadap debu, karena debu juga menjadi salah satu pemicu kambuhnya asma anak anda. Hindari juga terlalu banyak beraktifitas di musim panas dimana serbuk tanaman sedang banyak beterbangan diudara. Serbuk tanaman juga menjadi salah satu penyebab serangan asma pada anak anda.

Stess juga merupakan faktor pemicu serangan asma. Bukan hanya menyebabkan kambuhnya asma, tapi juga memperburuk gejala-gejala yang ditimbulakannya. Cegahlah si kecil berada pada keadaan panik dan ketakutan. Usahakan untuk membuatnya tetap tenang jika memang harus menghadapi keadaan tersebut, setelah tenang berilah obat hirupnya. Selalu berkonsulatasi dengan dokter tentang keadaan anak anda. Dengan perawatan dan penanganan yang tepat bukan tak mungkin anak anda akan sembuh dari asmanya.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10