Pengertian zakat fitrah dan zakat mal

Pengertian zakat fitrah dan zakat mal

 

Pengertian zakat fitrah dan zakat malPengertian zakat fitrah dan zakat mal – Zakat adalah hal yang sering dibicarakan khususnya menjelang hari raya Idul Fitri. Tapi, apa sih sebenarnya Pengertian zakat fitrah dan zakat mal itu? Tentu perlu pengertian dan mengetahui lebih lanjut perihal macam macam zakat. Apalagi jika status agama kita di KTP adalah sebagai orang Islam alias muslim.

Zakat pada pengertian bahasanya berasal dari kata az-zaka. Az-zaka sendiri berarti berkembang, suci, berkah. Di dalam pengertian secara agama Islam, zakat berarti bagian hak Allah yang diberikan manusia kepada orang-orang miskin. Pada pengertian ini memperlihatkan bahwa alur zakat berasal dari orang-orang yang berada kepada kaum papa.

Zakat tidak bisa dianggap remeh temeh. Ini dikarenakan zakat merupakan salah satu rukun Islam. Alhasil, dikatakan bahwa keislaman seseorang akan dirasa kurang apabila belum melaksanakan zakat secara rutin.

Rutin tidaknya membayar zakat bukan berarti zakat harus dibayarkan setiap saat. Zakat memiliki ketentuan sendiri. Zakat sebagai bentuk ketaatan kepada Allah penting diketahui macam-macamnya agar kaum muslimin tidak asal-asalan dalam melaksanakan kewajiban zakat sehingga terjebak dalam perkara yang tidak disyariatkan (nyeleneh). Dilihat dari macamnya, zakat terbagi menjadi dua, zakat fitrah dan juga zakat maal (zakat harta). Masing-masing zakat memiliki kriterianya sendiri.

Zakat fitrah diambil pada Idul Fitri. Zakat fitrah memiliki ketentuan bahwa zakat ini dihitung menggunakan kebutuhan pokok makanan sekeluarga. Ini dengan mudah dapat dilakukan. Sebab, sudah banyak lembaga yang mengambil zakat fitrah bahkan sudah dengan mudah dapat menghitungnya. Berbeda dengan zakat harta.

Pada zakat harta, ini berbeda. Persamaan dengan zakat fitrah adalah zakat ini diambil berdasarkan hitungan tahun. Syarat utamanya adalah harta yang hendak dibayarkan sudah mencapai nisab. Pada harta tersebut diambil sejumlah 2,5% dari keseluruhan harta. Jadi, sebenarnya ini perkara yang cukup mudah dilakukan.

Kesulitan masalah zakat harta ada pada masalah darimana zakat harta diambil? Apakah dari tanah saja? Sewa saja? Perhiasan dan hewan ternak saja? Ternyata semua itu memiliki perhitungannya sendiri. Perhitungan inilah yang harus dipahami. Perhitungan akan lebih jelas jika kita datang langsung, bertanya, dan dijelaskan oleh lembaga yang menerima zakat kita.

Nah kami cukupkan sekian dulu ya artikel mengenai Pengertian zakat fitrah dan zakat mal, semoga kunjungan di SAHABATYATIM.ORG berkesan, kami tunggu kedatangannya kembali, karena kami berusaha menghadirkan artikel bermanfaat untuk kebutuhan anda

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10