Pendidikan Untuk Anak Sesuai Dengan Usianya

pendidikan anak sesuai usianyaMemberikan pendidikan kepada anak harus sesuai dengan usianya sehingga otaknya bisa berkembang secara baik. Pendidikan Untuk Anak Sesuai Dengan Usianya harus diberikan oleh orang tuanya, dengan demikian orang tua harus memahami tentang pendidikan apa saja yang sesuai usia buah hati.
Mendidik memang menjadi suatu kewajiban utama yang harus di lakukan oleh orang tua untuk menciptakan kepribadian baik sang anak.

Buah hati diibaratkan seperti lembar kertas berwarna putih yang akan diwarnai oleh orang tua. Sehingga bisa di simpulkan bahwa kepribadian seorang anak tergantung dari cara mendidik orang tuanya. Dengan demikian orang tua tidak boleh menganggap hal remeh tentang mendidik anak. Karena pendidikan yang diberikan oleh orang tua berpengaruh besar terhadap pertumbuhan anaknya. Setiap orang tua memiliki cara yang berbeda untuk mendidik anaknya sesuai dengan karakter masing–masing tapi tujuannya tetap sama yakni mendidik untuk menjadi orang yang berguna di kedewasaannya nanti. Sehingga dalam mendidik harus sesuai dengan pertumbuhan usianya.

Pendidikan Untuk Anak Sesuai Dengan Usianya

Mendidik anak tidaklah mudah sehingga banyak orang tua yang mendidik anaknya melalui pesantren maupun sekolah. Meskipun demikian orang tua harus memantau kegiatan anak di dalam pendidikan formal tersebut. Berikut ini terdapat Pendidikan Untuk Anak Sesuai Dengan Usianya yang bisa dilakukan oleh orang tua :

1.Pendidikan Anak Usia 0 – 6 tahun.

Anak yang berusia 0 – 6 akan mengalami tumbuh kembang yang cepat. Percepatan tumbuh kembang ini rangsanglah dengan mainan untuk mengetahui di mana bakat anak dan dikembangkan supaya menjadi anak yang cerdas. Ketika berumur 3 – 6 biasanya anak akan berkelakuan nakal namun jangan pernah memukul anak karena dia akan melonjak akhirnya sulit jika disuruh patuh. Berikan kasih sayang manjakan anak dan perlu menakuti anak dengan bentakkan saja tanpa harus memukulnya. Dengan demikian dia bisa berfikir akan perilakunya tersebut.

2.Pendidikan Anak Usia 7 – 14 Tahun.

Ketika anak sudah memasuki usia 7 tahun mulai perkenalkan tanggung jawab dan kedisiplinan. Hal utama yang harus dilakukan adalah beribadah kepada Tuhan jika islam diajarkan untuk sholat 5 waktu dengan demikian anak akan memiliki tanggung jawab. Kemudian berikan tugas pribadi untuk anak supaya bisa disiplin misalnya harus bangun pukul 5 pagi kemudian sholat selanjutnya membantu ibunya menyapu dan lain sebagainya. Ketika sudah terbiasa akan kedisiplinan sejak kecil sampai besarpun sifat tersebut akan terus dibawa.

3.Pendidikan Anak Usia 15 – 21 Tahun.

Ketika anak mulai memasuki masa remaja tingkah lakunya akan sedikit berubah di mana pergaulan dengan lawan jenis harus diperhatikan. Dengan demikian lakukan pendekatan dengan anak secara baik – baik dan jadilah sebagai temannya supaya lebih mudah untuk mengawasi pergaulannya.

Pendidikan Untuk Anak Sesuai Dengan Usianya harus dilakukan supaya anak merasa nyaman dan selalu diberi pengarahan ketika mengalami kesulitan. Ketika anak sudah mulai dewasa berilah kebebasan untuk bergaul. Namun, tidak kebebasan sebebas bebasnya harus diberi batasan dalam pergaulan tersebut sehingga etika pergaulan tetap dijaga. Dalam hal ini orang tua harus memiliki kebijakan di mana harus mengatur waktu anak untuk bermain dan tanggung jawabnya. Meskipun anak sudah mulai bekerja pemantauan akan lingkungan pergaulannya juga harus diperhatikan. Jadi jangan sampai salah bergaul dengan lingkungan yang membawa pengaruh buruk. Karena perilaku anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama pergaulannya dengan demikian orang tua harus memantau pergaulan anaknya.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10