Menunda kematian dengan bersedekah, Mungkinkah?

Menunda kematian dengan bersedekah mungkin bisa dilakukan oleh anda sebagai umat muslim yang ingin memiliki umur panjang dan bisa mendapatkan kebahagiaan di akhirat dari beramal baik selama didunia yaitu dengan bersedekah. Hanya Allah SWT saja yang mengetahui kematian seseorang. Terdapat sebuah kisah islami yang patut dijadikan sebagai teladan dan menjadi bahan renungan. Sebuah kisah dari seorang pemuda yang berhasil menunda kematian hingga menjadi kakek hanya dengan bersedekah.

Kisah ini terjadi pada zaman Nabi Ibrahim as, belia memiliki seorang murid yang akan segera menikah. Tetapi sebelum proses pernikahan pemuda tersebut, secara tiba–tiba Nabi Ibrahim sebagai gurunya ditemui oleh Malaikat yang memberitahukan bahwa usia pemuda tersebut tidak lebih dari satu hari. Untuk mengetahui kisahnya simaklah ulasan didalam artikel berikut ini.

Kisah Sahabat Lolos Dari Maut Dengan Sedekah

Kisahnya berawal dari suatu hari, dimana Nabi Ibrahim didatangi oleh satu muridnya dan ia menceritakan bahwa akan segera menikah besok pagi. Setelah beberapa saat obrolan berlangsung anak muda itu meninggalkan Nabi Ibrahim. Beberapa saat kemudian Malaikat Maut mendatangi Nabi Ibrahim dan bertanya

Malaikat : “Siapa anak muda yang tadi mendatangimu wahai Ibrahim?”

Nabi Ibrahim : “Anak muda yang tadi adalah muridku sekaligus sahabatku”.

Malaikat : “Ada apa dia menemuimu”

Nabi Ibrahim : “Dia menyampaikan bahwa dia akan melangsungkan pernikahannya besok pagi”.

Malaikat : “Wahai Nabi Ibrahim, sayang sekali umur anak itu tidak ada satu hari tidak sampai besok pagi”.

Keesokan harinya, Nabi Ibrahim pergi menuju rumah pemuda tersebut dan alangkah mengejutkan karena pemuda tersebut masih dalam keadaan hidup dan pemuda tersebut akan segera melangsungkan pernikahan. Dan, ternyata pemuda itu masih hidup hingga 70 tahun kemudian. Nabi Ibrahim merasa penasaran dan tidak lama kemudian malaikat datang menemuinya dan Nabi Ibrahim langsung menanyakan tentang keganjalannya itu karena Malaikat tidak pernah berbohong ternyata hal itu terungkap bahwa pemuda itu menunda kematian dengan bersedekah sehingga mampu hidup hingga 70 tahun kemudian.

Pada saat itu Nabi Ibrahmi bertanya kepada Malaikat

Nabi Ibrahim : “Apa gerangan yang membuat Allah SWT menaham tanganmu untuk tidak mencabut nyawa pemuda yang merupakan muridku itu, yang sudah kau katakan bahwa umurnya tidak sampai saat ini”.

Malaikat : “Wahai Ibrahim, dimalam menjelang proses pernikahannya pemuda itu menyedekahkan separuh harta kekayaannya. Dan inilah yang membuat Allah untuk memanjangkan usia pemuda itu hingga saat ini”.

Kematian memang ditangan Allah tetapi dalam menunda kematian juga merupakan hak Allah dan Allah akan memberitahukan lewat Rasulnya. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa sedekah itu dapat memanjangkan umur. Sehingga jika disebut sesuatu apa yang dapat menunda kematian jawabannya adalah bersedekah.

Setelah mendengar cerita panjang tentang kematian yang dapat ditunda dengan bersedekah segeralah anda melakukan sedekah dari saat ini ketika ingin memiliki umur panjang. Jadi tunggu apalagi mari kita bersedekah dengan jumlah semampu kita. Pintu hati akan terketuk ketika mengetahui bahwa sedekah mampu memperpanjang usia kita. Seseorang yang hidupnya selalu kikir dengan jumlah kekayaan banyak, bisa saja umurnya pendek ketika tidak pernah melakukan sedekah. Sehingga jika anda ingin hidup hingga usia tua maka dapat melakukan hal positif yaitu menunda kematian dengan bersedekah tanpa harus merasa takut menjadi miskin.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10