Mengobati Asam Urat Secara Alami

Mengobati Asam Urat Secara Alami

Mengobati Asam Urat Secara Alami

Dewasa ini makin banyak saja orang yang terkena asam urat. Bahkan usia mereka yang terkena asam urat semakin muda.Masalah ini muncul karena dipicu oleh gaya hidup dan makanan yang kita konsumsi.
Selain menggunakan cara-cara medis serta obat-obatan yang banyak dijual dipasar, kita juga bisa menetralisir atau mengurangi kadar asam urat di dalam darah dengan menggunakan beberapa bahan alami yang mudah kita temukan di sekitar kita.
Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan untuk melawan asam urat.
1. Cuka sari apel
Cuka sari apel banyak digunakan untuk meringankan kadar asam urat yang tinggi dalam darah, cuka sari apel ini bekerja dengan cara mengubah nilai PH di dalam darah anda.Cuka apel yang digunakan haruslah yang mentah. Mungkin anda bisa mendapatkannya di minimarket atau beberapa toko.
Cara memanfaatkan cuka sari apel untuk mengobati asam urat:
• Tambahkan 2 sdt (sendok teh) cuka sari apel untuk segelas besar air, dan
• Aduk hingga rata, kemudian
• Minum 2 atau 3 kali sehari.
Selain dengan mengkonsumsinya,anda juga bisa menggunakannya untuk merendam bagian tubuh yang terkena asam urat.
Caranya,
• Ambil setengah cangkir cuka sari apel, kemudian
• Campuran dengan 3 (tiga) cangkir air panas
• Aduk hingga rata, kemudian
• Rendam bagian tubuh anda yang terkena asam urat selama 30 menit.
Jika air menjadi dingin cobalah untuk memanaskannya kembali dan ulangi seperlunya.
2. Sirup jagung yang tinggi fruktosa
Sirup jagung yang tinggi fruktosa adalah sejenis pemanis yang biasanya kita temukan pada minuman atau makanan ringan olahan. Makanan olahan yang mengandung sirup jagung fruktosa harus anda hindari karena hal tersebut dapat meningkatkan kadar trigliserida dan asam urat. Selain menyebabkan meningginya tingkat asam urat di dalam darah, ternyata bahan kimia yang terkandung di dalam sirup jagung yang tinggi fruktosa dapat mengakibatkan diabetes, alkoholisme, penyakit ginjal, dan masalah kesehatan yang lainnya.
Jadi sebelum anda mengkonsumsi makanan maupun minuman ringan, ada baiknya anda membaca labelnya telebih dahulu. Cara ini akan membantu anda mengurangi kadar asam urat di dalam darah.
3. Minum banyak cairan
Mengkonsumsi banyak cairan dapat membantu melarutkan asam urat di tubuh dan membuangnya melalui urine. Air adalah salah satu media yang dapat membantu ginjal untuk membuang kotoran atau racun dari tubuh anda.
4. Makanan tinggi protein
Makanan yang tinggi protein harus anda hindari. Makanan berprotein tinggi sering digunakan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.Akan tetapi, makanan tinggi protein dapat menyebabkan produksi asam urat yang lebih banyak (hiperurisemia).
5. Protein hewani yang tinggi purin
Batasi mengkonsumsi makanan protein hewani yang tinggi purin. Makanan makanan tersebut diantaranya adalah unggas dan ikan.Unggas dan ikan adalah makanan yang dapat mengakibatkan naiknya kadar asam urat di dalam darah, karena tingginya kandungan purin yang terdapat didalamnya.
6. Hindari alkohol
Salah satu yang juga dapat menyebabkan asam urat adalah, mengkonsumsi bir atau minuman beralkohol.
Alkohol mengganggu eliminasi asam urat dari tubuh anda, itu artinya alkohol dapat menyebabkan asam urat tidak bisa dibuang secara sempurna dari tubuh. Jika anda rentan terhadap asam urat, dan saat ini masih mengkonsumsi alkohol, ada baiknya anda mengurangi atau berhenti sama sekali dari alkohol.
7. Karbohidrat kompleks
Pada poin sebelumnya telah disebutkan bahwa anda harus menghindari makanan berprotein tinggi yang mengandung banyak purin seperti daging unggas dan ikan.Dokter juga banyak menganjurkan bagi seseorang yang memiliki asam urat untuk lebih memilih makanan karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, buah-buahan, sayuran, dan beberapa jenis karbohidrat olahan seperti roti putih, dan kue.
Makanan-makanan tersebut kaya karbohidrat, sehingga membuat perut anda mudah kenyang. Mencegah makan terlalu banyak dapat berguna untuk menjaga berat badan yang sehat dan tetap stabil. Dengan membatasi makanan akan membuat anda terhindar dari serangan encok atau asam urat.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10