Masih Pertama Kali Punya Momongan? Cobain Deh Tips Ini!

Tips Mendidik Bayi Yang Baik Dan Benar – Orang tua memang menginginkan anaknya tumbuh dengan cerdas. Tak hanya itu saja kepribadian yang baik juga sangat dibutuhkan. Semua hal ini memang akan bisa terjadi jika kita sebagai orang tua mampu untuk mendidik anak kita dengan benar. Sejak kapan kita harus mendidik anak? Tentu saja sejak mereka bayi. Bayi memang belum mengerti apa yang kita katakana atau bahkan belum mengerti dengan berbagai hal yang ada di dunia ini. Namun bayi sudah mengerti dengan yang namanya komunikasi dengan orang tua khususnya ibu.

Mulai dari cara mengutarakan rasa lapar dan haus maka bayi akan menangis, cara mereka tersenyum saat diajak bercanda. Ini adalah salah satu komunikasi yang dilakukan dan dapat dikatakan proses mendidik. Mendidik bayi memang sangat penting. Jika anda berfikir bahwa bayi akan pintar secara alami karena adanya faktor genetika yang mempengaruhi hal ini memang benar, namun tidak ada salahnya bukan anda untuk memberikan pendidikan yang baik untuk bayi anda.

Tahukah sebenarnya kasih sayang dari orang tua memang sangat dibutuhkan oleh bayi, hal ini akan membuat bayi merasa nyaman dan terdidik dengan baik. Bayangkan saja jika seorang bayi kurang kasih sayang karena kedua orang tuanya selalu bertengkar, atau tak tinggal bersama kedua orang tuanya. Hal ini memang akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi psikologi anak dan mempengaruhi mereka dalam proses perkembangan menjadi cerdas.

Berikut ini adalah beberapa Tips Mendidik Bayi Yang Baik Dan Benar agar cerdas :

1. Mulai ajak bayi anda berkomunikasi dengan cara mengajaknya bercanda atau bermain.

Hal ini akan menimbulkan rasa nyaman dan senang pada diri bayi. Ajarkan banyak bahasa atau kata agar mereka mulai berfikir bahwa itu adalah komunikasi yang benar.

2. Ajak bayi anda keluar ruangan,

tunjukkan lingkungan yang ada di luar ruangan dan tunjukkan benda-benda yang ada di tempat tersebut.

3. Jangan biasakan bayi anda mengerti tontonan televisi.

Hal ini memang kurang baik untuk perkembangan dari anak anda dan hanya akan membuat mereka melihat tontonan yang kurang baik atau kurang mendidik.

4. Biarkan orang lain melakukan komunikasi dengan bayi anda,

seperti menggendong atau sekedar mengajaknya bermain. Hal ini akan membuat bayi anda mengerti bagaimana karakteristik manusia yang lainnya.

5. Dengarkan pada mereka musik.

Musik memang salah satu media yang mampu membuat bayi anda cerdas. Musik akan merangsang pikirannya.

6. Usahakan anda mengajak bayi anda kemana-mana.

Hal ini akan sangat baik untuk perkembangan imajinasinya, selain bertemu dengan banyak orang di luar sana keluar rumah memang akan membuat bayi anda terbiasa dengan lingkungan yang baru. Pengalaman ini mampu untuk mengembangkan sikap sosialnya di masyarakat dan secara tidak langsung bayi anda akan merasa bahwa banyak orang yang bisa diajaknya untuk berinteraksi.

7. Ajarkan bayi anda dengan kebiasan-kebiasan kecil yang baik.

Hal ini bisa anda ajarkan seperti pada kebiasan menggosok gigi setiap pagi, siang, dan malam. Kemudian ajarkan mereka pada tugas-tugas sederhana seperti melipat selimut pada saat bangun tidur, menyisir rambut dan memakai baju. Hal ini akan merangsang bayi untuk hidup mandiri.

Semoga artikel Tips Mendidik Bayi Yang Baik Dan Benar agar cerdas kali ini bermanfaat, selamat mencoba.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10