Manfaat Green Tea untuk kesehatan

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Manfaat Green Tea untuk kesehatan – Green tea atau teh hijau sudah digunakan dan dikenal di China sejak 5000 (lima ribu) tahun yang lalu. Teh hijau banyak di manfaatkan sebagai obat dan minuman sehari-hari.Teh hijau banyak diproduksi di negara India dan Srilangka. Teh hijau masuk keEropa melalui Turki pada abad ke-6.

Manfaat Green Tea untuk kesehatan

Berikut adalah manfaat yang bisa diambil dari teh hijau.

1.      Mengatasi rasa cemas

Asam amino yang ditemukan dalam teh hijau menurut penelitian dapat mengurangi rasa cemas atau gelisah.

2.      Arthritis

Teh hijau bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan memperlambat kerusakan tulang rawan bagi penderita artritis.

3.      Asma

Menurut sebuah penelitian, kafein yang terkandung di dalam teh hijau menyebabkan meningkatnya aliran udara ke paru-paru.Dengan demikian mereka yang menderita asma atau kesulitan bernapas bisa memanfaatkan teh hijau untuk memperlancar pernafasan.

4.      Kanker

Teh hijau telah digunakan untuk mengobati kanker prostat.Sebuah penelitian telah dilakukan dengan menggunakan kapsul ekstrak teh hijau pada penderita kanker prostat.

5.      Kardiovaskular

Apabila Anda rutin mengkonsumsi teh hijau, tehhijau dapat mengurangi resiko serangan jantung atau aterosklerosis, yaitu penyubatan arteri.

6.      Mencegah flu

Formulasi yang dimiliki oleh teh hijau menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mencegah gejala flu.Jika Anda ingin aman dari serangan flu terutama pada musim dingin cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau setiap pagi.

7.      Mencegah gigi berlubang

Apabila digunakan sebagai obat kumur (mouthwash) teh hijau bisa berfungsi untuk mencegah gigi berlubang.

8.      Diabetes

Polifenol yang terdapat dalam teh hijau memiliki manfaat untuk mencegah atau mengobati diabetes.

9.      Kesuburan

Seorang wanita yang rajin mengkonsumsi teh hijau akan menjadi lebih suburan.Jika Anda merasa kesulitan untuk hamil, cobalah mengonsumsi teh hijau secara rutin, karena teh hijau dapat membantu perempuan untuk lebih cepat hamil.

10.  Kolesterol tinggi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa green tea bisa digunakan untuk melawan kolesterol.Apabila Anda memiliki kolesterol tinggi, cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

11.  Hipertensi

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa teh hijau dapat meningkatkan tekanan darah.Sehingga apabila Anda ingin menaikkan tekanan darah cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau.

12.  Menopause

Jika Anda adalah wanita yang berusia lanjut atau akan memasuki usia menopause, cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau di pagi dan sore hari.Teh hijau akan membantu Anda dalam menghadapi perubahan perubahan yang terjadi akibat menopause.Termasuk juga hot flashes dan gangguan tidur.

13.  Memperbaiki performa mental dan meningkatkan kewaspadaan

Efek kafein yang dimiliki oleh teh hijau dapat meningkatkan performa mental seseorang atau menyebabkan seseorang menjadi lebih waspada.Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung kafein yang merupakan stimulan.

14.  Fotoproteksi

Teh hijau bermanfaat juga untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan bahaya sinar ultraviolet.Jika Anda sering melakukan aktivitas di siang hari, cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau untuk memberikan perlindungan lebih pada kulit Anda.

15.  Infeksi virus

Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat menurunkan viral load yang membawa virus HTLV-1.

16.  Menurunkan dan menjaga berat badan

Ekstrak teh hijau yang berbentuk kapsul dapat digunakan untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetapstabil.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10