Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Bayi, Para Orangtua Wajib Baca!

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Bayi – Ketika bayi berada di dalam kandungan sang ibu hingga ia terlahir di dunia, kebutuhan nutrisi sang bayi penting sekali untuk diperhatikan. Sebagai sang ibu, kita harus benar-benar tanggap akan kebutuhan tersebut. Kelengkapan nutrisi yang akan didapatkan sang buah hati berasal dari makanan yang memang sangat tepat dan cocok dikonsumsi oleh bayi. Ketika usia 0-4 bulan biasanya bayi masih mengonsumsi ASI. Kebutuhan gizi bayi bisa terpenuhi dengan ASI. Akan tetapi, setelah setelah melewati usia tersebut, si bayi sudah mulai membutuhkan makanan yang sesuai dengan kemampuan pencernaan yang dimilikinya. Oleh karena itu, orang tua harus sekreatif mungkin mencari beragam informasi mengenai makanan yang cocok untuk si jabang bayi. Semua makanan yang dikonsumsi oleh bayi hendaknya memiliki kebutuhan nutrisi yang lengkap.

Apa Saja Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Bayi?

Hal ini terjadi karena bayi pada umumnya memiliki porsi makan yang sedikit, sehingga orang tua harus benar-benar memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang baik untuk kesehatan bayinya. Berdasarkan penelitian, ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan bayi serta memiliki nutrisi yang begitu lengkap. Makanan tersebut sebenarnya banyak sekali di sekitar kita. Sebagai seorang ibu, harus sering membaca beragam informasi yang berkaitan dengan kebutuhan sang bayi. Banyak sekali katalog kesehatan ibu dan anak yang beredar dan memuat beragam informasi yang sangat bermanfaat. Selain itu, di internet telah disediakan beragam informasi menarik dan tentunya memiliki manfaat yang begitu besar. Makanan yang baik untuk kesehatan bayi yang berusia di atas 4 bulan sangat beragam. Bahan makanan tersebut dalam menyajikannya bergantung bagaimana sang ibu memainkan kreatifitasnya agar si jabang bayi menyukai dan tidak bosan dengan makanan yang diberikan. Makanan tersebut antara lain wortel, ubi jalar, alpukat, telur, pisang, dan yogurt.

Jika kita lihat, makanan tersebut masuk dalam kategori makanan yang mudah dijangkau. Misalnya saja membuat makanan si bayi dengan menggunakan wortel sebagai bahan utamanya. Dengan bahan tersebut kita bisa membuat bubur tim dengan campuran wortel. Kita ketahui bahwasanya wortel memiliki kandungan berupa betakaroten dan antikosidan yang sangat tinggi. Di dalam tubuh bayi, kandungan betakaroten wortel yang telah tersaji dalam bentuk bubur tim tersebut dikonversi menjadi vitamin A yang memiliki manfaat untuk pertumbuhan serta kesehatan penglihatan sang bayi. Selanjutnya, makanan yang cocok diberikan untuk bayi adalah ubi jalar. Ubi Ubi jalar telah teruji memiliki kandungan berupa potasium, vitamin C, serat, serta antioksidan yang mampu mencegah tumbuhnya kanker serta melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain kedua makanan di atas, masih banyak lagi makanan yang cocok dikonsumsi bayi. Biasanya, ibu tak jarang pula memberikan pisang kepada sang buah hatinya sebagai makanan tambahan. Pisang sangat kaya akan kandungan karbohidratnya yang akan menyediakan energi dalam tubuh serta banyak memiliki serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan bayi. Teksturnya yang begitu lembut, membuat pisang selalu disukai oleh bayi. Dari dulu hingga sekarang, pisang selalu dijadikan sebagai makanan favorit bagi bayi.

Selain pisang, alpukat ternyata memiliki banyak nutrisi yang sangat banyak dibandingkan dengan buah lainnya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi untuk bayi. Alpukat memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan banyak mengandung lemak tak jenuh sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung.
Ketika diberikan kepada bayi untuk dikonsumsi, alpukat ini disajikan dalam bentuk bubur sehingga sangat mudah dicerna oleh bayi. Uraian yang telah di kemukakan di atas, merupakan makanan yang sangat cocok untuk dikonsumsi bayi. Para ibu biasanya tak jarang menemukan kesulitan ketika menentukan makanan yang baik untuk kesehatan bayi

mereka.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10