Makanan Untuk Mencerdaskan Bayi Sesuai Dengan Usianya

Makanan Untuk Mencerdaskan Bayi – Semua orang tua tentunya menginginkan anaknya tumbuh sebagai anak yang sehat, cerdas dan pandai. Akan tetapi, pada kenyataannya tidak semua anak tumbuh dengan kemampuan otak yang cerdas. Hal yang demikian dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya yaitu kurangnya asupan nutrisi yang yang diberikan orang tua kepada mereka. biasanya kurang perhatiannya orang tua akan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang anak dipicu adanya pendapatan ekonomi yang mereka miliki. Peneliti kesehatan mengatakan bahwa faktor utama yang mampu membantu peningkatan kecerdasan anak adalah terpenuhinya asupan gizi bagi mereka sehingga si anak mampu berkembang dengan baik, maka perlu kiranya bagi para orang tua untuk memahami dampak makanan untuk mencerdaskan bayi.

Apa saja Makanan Untuk Mencerdaskan Bayi ?

tips mencerdaskan bayi

Ketika usia 0 hingga 5 tahun, anak sedang mengalami pertumbuhan serta perkembangan. Pada masa itu, merupakan suatu masa keemasan (golden age), sehingga banyak hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam rangka melakukan pemenuhan gizi bagi sang anak. Jika pada usia sekitar 0-4 bulan kebutuhan gizi sang anak sudah sangat cukup ketika mengonsumsi ASI. Hal tersebut tentu berbeda ketika sang bayi memasuki usia di atas 4 bulan. Sebagai orang tua, perlu sekali memberikan perhatian dan memilihkan makanan yang memiliki kadar gizi yang cukup sehingga sangat baik bagi kecerdasan otak mereka. sebenarnya di sekitar kita banyak sekali Makanan Untuk Mencerdaskan Bayi. Usia 0-5 tahun yang biasa disebut golden age adalah fase terpenting dalam pemenuhan kecukupan gizi bagi anak. Pada masa ini sel-sel saraf otak akan mengalami perkembangan yang begitu pesat. Ketika pada masa golden age ini anak tidak mendapatkan kecukupan gizinya, maka kekurangan gizi tersebut tak akan pernah bisa dipenuhi di kemudian hari.

Oleh karena itu, pada usia ini sangat penting melakukan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang seimbang bagi anak. Seseorang yang paling berperan dalam pemenuhan gizi bagi anaknya tak lain adalah orang tua. Maka dari itu, diperlukan kemauan serta kerja keras orangtua ketika menyajikan makanan untuk mencerdaskan bayi yang di dalamnya tentunya memiliki kecukupan gizi yang begitu lengkap.

Makanan yang sangat cocok untuk membantu perkembangan otak di antaranya, sayuran, buah-buahan, telur, ikan, dan daging. Beberapa makanan yang memiliki kecukupan nutrisi dan membantu perkembangan kecerdasan sang anak dalam menyajikannya membutuhkan kreatifitas dari sang ibu. Sebisa mungkin mereka berkreasi untuk menghasilkan makanan bayi yang disukai dan tentunya tidak membosankan bagi mereka. dalam satu minggu, ibu harus selalu memiliki ide-ide kreatif dalam menyajikan makanan bagi sang bayinya.

Dari makanan yang beragam tersebut, maka kecukupan nutrisi yang lengkap akan didapatkan. Jenis sayuran seperti bayam, wortel, tomat, serta beragam sayuran berwarna lainnya juga baik untuk menyehatkan serta menguatkan daya sel yang ada di otak anak karena memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan.

Beberapa sayuran di atas dalam menyajikannya bisa dicampur dengan bubur tim sehingga cocok untuk pencernaan si bayi. Sebagai orang tua yang baik, penting sekali mencari beragam informasi mengenai makanan untuk mencerdaskan bayi. Begitu sangat besar tanggung jawab serta kewajiban orang tua dalam rangka memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi anaknya. Sikap selalu ingin tahu memang harus dimiliki oleh setiap orang tua ketika anak memasuki golden age.

Pada masa ini merupakan masa yang cukup urgent sehingga pengetahuan atau informasi yang penting tentang makanan untuk mencerdaskan bayi yang baik untuk pertumbuhan buah hati tak boleh dilewatkan oleh para orang tua.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10