Kesalahan Orang tua dalam Mendidik Anak, Pernah Melakukannya?

Tanpa kita sadari sebagai orang tua terkadang kita banyak sekali melakukan Kesalahan Orang tua dalam Mendidik Anak. Mendidik anak memang bukan hal yang mudah bahkan banyak orang yang angkat tangan kala mereka ditanya bagaimana cara yang benar untuk mendidik anak. Namun jangan sampai anda menyerah demikian. Pada dasarnya mendidik anak memang banyak sekali caranya, tak harus dengan ketentuan yang formal namun dengan pendekatan secara kekeluargaan juga mampu untuk mendidik anak dengan baik.

070-462

Terkadang kita sebagai orang tua menganggap apa yang kita lakukan pada anak kita semuanya benar, namun ternyata banyak hal yang salah jika kita telaah lebih dalam. Jika kita sebagai orang tua memang kita perlu untuk mengintrospeksi diri kita atas apa yang kita lakukan kepada anak-anak kita.

Berikut ini kami memiliki beberapa Kesalahan Orang tua dalam Mendidik Anak yang mungkin terjadi pada diri anda sebagai orang tua. Dimana kita salah dalam mendidik anak :

1. Terkadang ketika anak kita melakukan sedikit kesalahan kita akan membentak atau memarahi anak sampai tiada hentinya.

Jika kita timbang baik-baik seorang anak memang sedang dalam masa belajar dimana sudah menjadi hal yang sangat wajar jika mereka melakukan kesalahan. Hal bijak yang bisa kita lakukan sebagai orang tua tentu saja bisa untuk menyadarinya dan memaafkan kesalahan anak. Terkadang kita sebagai orang tua sangat geram kala anak melakukan tindakan yang salah atau tak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Namun perlakuan membentak atau memarahi ini bukanlah solusi yang baik untuk mendidik anak.

2. Orangtua salah menemukan bakat anak.

Terkadang orang tua menginginkan anak menjadi sesuatu yang mereka inginkan. Contohnya saja orangtua ingin anaknya menjadi seorang guru sedangkan anak ingin sekali menjadi seorang fotografer. Disinilah letak kesalahan yang mungkin bisa saja salah dilakukan oleh orang tua di mana memaksa anak untuk tetap mengambil jurusan pendidikan pada saat kuliah. Mereka tak peduli dengan bakat yang dimiliki anaknya itu. Ini juga hal yang salah dalam mendidik anak.

3. Membandingkan dengan saudara sekandung.

Jika ada orang tua yang membanding-bandingkan kemampuan anaknya dengan orang lain terlebih adalah saudara kandung mereka sendiri maka ini adalah hal yang salah besar. Hal ini nantinya akan membawa sebuah dampak yang buruk, di mana diantara keduanya akan timbul rasa benci atau pilih kasih yang dilakukan orang tua.

4. Terlampau memanjakan anak juga termasuk cara mendidik yang kurang benar.

Jika kita perdalam pembahasan mengenai hal ini sudah pasti sangat banyak sekali hal negatif yang didapatkan saat seorang anak sudah terlanjur dimanjakan dengan berbagai hal.

5. Banyaknya Larangan juga belum tentu baik bagi anak.

Semakin anak terkekang dengan berbagai larangan yang diberikan ini memang akan membuat mereka semakin nekat dengan berbagai kemungkinan tindakan yang akan mereka lakukan. Ini juga hal yang kurang baik untuk dilakukan dalam mendidik anak.

Beberapa kesalahan mendidik anak yang dilakukan orang tua di atas memang harus dihentikan saat ini juga. Jika menginginkan agar anak kita baik dan juga memiliki kepribadian yang baik bukan dengan cara yang seperti itu, namun masih banyak sekali hal yang bisa kita lakukan. Tentu saja dengan tindakan yang jauh lebih bijak dan bukan membesarkan ego kita sebagai orang tua namun juga memikirkan apa yang diinginkan oleh anak kita. Jangan Kesalahan Orang tua dalam Mendidik Anak ini terjadi di dalam keluarga anda.

itfinal

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10