Kejujuran sang pendusta

Rumah Anak Yatim – “Kemudian saya(setan) akan mendatangi mereka dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan kiri mereka.Dan engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur.”(Qs:al-A’raf:17)

Ayat diatas menggambarkan tentang upaya setan(iblis) dalam menganggu manusia. Hal tersebut merupakan janji yang telah di ucapkan iblis dihadapan Allah.

“iblis menjawab:karena engkau telah menghukum saya tersesat. Maka, aku benar-benar akan menghalangi mereka dari jalan engkau yang lurus.”Qs al-A’raf:16).setelah setan  diusir  dari surga, ia pun tidak rela jika menderita sendirian. Maka, manusia pun di ajak agar menemaninya di neraka kelak. Setan pun akan senantiasa menggoda manusia.

Ada peringatan berharga dari ayat di atas. Salah satu ciri manusia yang tergoda oleh tipu daya setan adalah hilangnya rasa syukur, yakni lupa akan nikmat Allah. Semua godaan itu, tak pernah memandang bulu. Orang-orang saleh pun bisa menjadi tipu sasaran daya setan.

Dibalik janjinya untuk menggoda manusia, ada kejujuran yang ia sampaikan agar mereka terlindungi dari godaannya. Abu Hurairah Ra. Menceritakan bahwa Rasulullah saw. Pernah menugaskan untuk menjaga kurma dari hasil zakat. Lalu tugas itu dijalankannya. Ketika sedang bertuga datanglah seorang lelaki menghampiri kurma tersebut dan mengambilnya. Melihat hal tersebut Abu Hurairah bergegas menangkap dan bertanya kepadanya mengapa ia mengambil kurma tersebut.

Lelaki tersebut berkata bahwa ia melakukan itu karena anak-anaknya kelaparan, sedangkan ia lelaki yang miskin. Hal tersebut terus terulang pada malm selanjutnya. Hingga pada malam yang ketiga, Abu Hurairah tidak lagi memaafkannya.

Ia menangkapnya dan hendak membawa kehadapan Rasulullah. Lelaki tersebut meminta Abu Hurairah agar melepaskannya. “maukah aku ajarkan engkau sebuah ayat yang jika engkau membacanya, maka setan tidak akan menghampirimu?” lalu lelaki itu membacakan ayat kursi (QS al Baqarah [2]: 225).

Setelah itu, Abu Hurairah melepaskannya dan menemui Rasulullah. Setelah mendengar cerita itu, Rasulullah berkata, “Dia adalah setan. Ketahuilah dia berkata jujur kepadamu, sedangkan dia adalah pendusta.”(HR Bukhari Muslim). Setan jujur tentang ayat kursi yang dapat mengusirnya saat ia menggoda manusia.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10