Ini Dia Fadillah Shadaqah, Infaq dan Zakat Sesungguhnya

Fadillah Shadaqah Infaq dan Zakat sangat perlu untuk dipahami secara gamblang supaya tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.
Zakat adalah rukun islam dimana Allah SWT berfiman dan mewajibkan bagi setiap umat muslim untuk mengeluarkan sebagai penyuci harta mereka, dimana bagi mereka yaitu umat muslim yang sudah memiliki harta sampai nishab atau batas paling rendah wajibnya zakat. Selain itu sudah lewat atas kepemilikan harta tersebut pada masa haul dimana, satu tahun bagi harta simpanan dan niaga atau telah tiba pada saat memanen hasil pertanian. Tidak sedikit dalil dari dalam kitab suci Al-Qur’an ataupun as-sunnah sahihah yang menjelaskan tentang keutamaan zakat, infaq, dan shadaqah sebagaimana firman Allah berikut ini.

Sesungguhnya orang–orang yang beriman mengerjakan amal shaleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapatkan pahala disisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati” (Q.S Al-Baqarah ayat : 277). Allah juga berfirman di surat At–Taubah pada ayat 103 dengan bunyi berikut ini, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu akan membersihkan serta mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu akan menjadikan ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui”.

Allah SWT merupakan Dzat yang maha suci dan tidak akan menerima kecuali hal–hal, yang suci dan baik demikian juga shodaqoh kecuali dari harta yang suci dan halal. Nabi Muhammad SAW bersabda:

Siapa yang bersedekah dengan sebiji kurma, yang berasal dari usahanya halalnya lagi baik karena Allah menerima kecuali dari harta halal. Maka, sesungguhnya Allah menerima sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya kemudian Allah menjaga dan memeliharanya untuk pemiliknya seperti seseorang diantara kalian, yang menjaga dan memelihara anak kudanya. Hingga sedekah tersebut menjadi sebesar gunung”.

Ini Dia Fadillah Shadaqah, Infaq dan Zakat Yang Sesungguhnya :

1. Bisa meredam kemurkaan Allah, Nabi Muhammad SAW bersabda “Sesungguhnya sedekah secara sembunyi–sembunyi dapat memadamkan kemurkaan Rabb (Allah)”.

2. Menghapuskan kesalahan seorang hamba, Rasulullah bersabda. “Dan sedekah dapat menghapuskan kesalahan sebagaimana air memadamkan api”.

3. Orang yang melakukan sedekah dengan ikhlas akan mendapatkan perlindungan atau naungan Arsy dihari kiamat. Nabi Muhammad SAW, bersabda “Tujuh kelompok yang akan mendapatkan naungan dari Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya diantaranya yaitu “Seseorang yang menyedekahkan hartanya dengan sembunyi – sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dinfa’kan oleh tangan kanannya”.

4. Sebagai obat berbagai macam penyakit baik jasmani maupun rohani. Nabi Muhammad bersabda “Obatilah orang–orang yang sakit diantaramu dengan sedekah, dan jika engkau ingin melunakkan hatimu maka berilah makan pada orang miskin dan usaplah kepada anak yatim.”

5. Sebagai penolak berbagai macam bencana dan musibah. Sehingga ketika seseorang melakukan sedekah, infaq ataupun zakat akan terlindungi dari musibah ataupun bencana alam.

6. Orang yang berinfaq akan didoakan oleh Malaikat setiap hari.

7. Orang yang membayar zakat akan Allah berkahi hartanya, Nabi Muhammad SAW bersabda “Tidaklah sedekah mengurangi harta”.

8. Allah akan melipatgandakan pahala orang yang bersedekah.

9. Sedekah adalah indikasi kebenaran iman seseorang, Rasulullah SAW bersabda “Shadaqah merupakan bukti keimanan”.(H.R Muslim)

10. Shadaqah adalah pembersih harta dan mensucikan dari kotoran, sebagaimana wasiat beliau (rasulullah) kepada para pedagang.

Keutamaan atau Fadillah shadaqah, infaq dan zakat harus diketahui oleh setiap umat muslim. Tujuannya supaya mereka selalu melakukan hal itu menuju jalan Allah dan mendapati kemudahan di kehidupan akhiratnya.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10