Hadist dan ayat tentang sedekah

Hadist dan Ayat  Tentang Sedekah yang Populer

 

hadist dan ayat tentang sedekahHadist dan ayat tentang sedekah – Hadist dan ayat Alqur’an tentang sedekah sudah begitu banyak beredar dan diketahui oleh banyak orang. Sayangnya, meskipun hadist dan ayat Alqur’an yang telah beredar begitu banyak, namun tidak banyak yang mempelajari lebih jauh mengenai sedekah. Padahal, sedekah adalah perkara yang agung dan sering disebut-sebut menjadi salah satu cara mengentaskan kemiskinan yang beredar.

Sedekah pada dasarnya merupakan hal yang lebih luas dibandingkan zakat. Sedekah (shadaqah) terbagi dua, yaitu shadaqah al-fardh (sedekah wajib) dan shadaqah at-tathawwu’ atau sering disebut dengan sedekah yang sukarela. Perbedaan keduanya ada pada sifat dan juga ketentuan. Sedekah wajib memiliki ketentuan yang cukup rumit. Nah, zakat disebut juga dengan shadaqah al-fardh yang berari sedekah yang wajib untuk dilakukan. Sementara itu, ada juga yang tidak wajib untuk dilakukan.

Ayat Alqur’an tentang sedekah banyak sekali. Zakat sendiri disebutkan sebanyak 82 kali dalam Alqur’an dan disandingkan dengan kewajiban shalat. Contoh ayat Alqur’an yang digunakan tentang sedekah secara umum adalah di Surat Al—Baqarah ayat 261 sebagai berikut:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Mahaluas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui.

 

Selain itu, termaktub juga dalam Surat Al-Hadid ayat 7 yang berbunyi:

“Dan nafkahkanlah sebagian hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) hartanya memperoleh pahala yang besar.

Pada hadist yang mahsyur ada yanh menyatakan keutamaan sedekah secara tidak langsung yang sangat menawan hati para perindu Allah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya sedekah itu memadamkan murka Allah dan menghindarkan dari kematian yang buruk.” (H.R. Tirmidzi; Tirmidzi menyatakan hadist ini hasan).

Dalil-dalil yang dibawakan perihal sedekah menunjukkan bahwa bersedekah sungguh memberikan sebagian karunia di jalan Allah dan membuahkan pahala yang sangat banyak. Jadi, kelebihan harta yang kita miliki juga dapat membantu kita meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah jika kita sedekahkan. Maka, sungguh mengherankan dengan banyaknya pahala bagi orang-orang yang abai bersedekah.

Nah kami cukupkan sekian dulu ya artikel mengenai Hadist dan ayat tentang sedekah, semoga kunjungan di SAHABATYATIM.ORG berkesan, kami tunggu kedatangannya kembali, karena kami berusaha menghadirkan artikel bermanfaat untuk kebutuhan anda

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10