Gejala menopause pada wanita

Gejala menopause pada wanita

Gejala menopause pada wanita – Berkeringat di malam hari, peningkatan berat badan, keinginan untuk melakukan hubungan seks yang berkurang,adalah contoh masalah yang akan dihadapi oleh mereka yang memasuki usia menopause. Bahkan, ada banyak lagi beberapa masalah yang sering timbul ketika seseorang akan memasuki masa atau usia menopause.

Sebenarnya masa transisi merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Hal ini penting karena, ketika seorang wanita memasuki usia menopause, akan banyak perubahan yang terjadi pada dirinya mulai dari hormon hingga beberapa perubahan fisik lainnya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda tahu, dan sedikit saran untuk membuat hidup Anda lebih mudah dan menyenangkan di saat menopause.

Gejala menopause pada wanita

  1. Jantung berdebar

Menjelang menopause banyak wanita yang mengalami jantung berdebar-debar. Hal ini belum tentu karena sesuatu yang menyenangkan atau rasa suka cita.Jantung yang berdebar biasanya disebabkan karena hormon yang mulai berubah.Selain itu, tentu saja jantung berdebar bisa mengindikasikan masalah kesehatan lainnya.

Lalu, bagaimana cara membedakannya? jika Anda merasa berdebar debar lebih dari beberapa menit hingga membuat Anda sesak napas atau merasa akan pingsan. Itu artinya bahwa mungkin terjadi sesuatu yang serius atau sesuatu yang membahayakan diri Anda.Ada baiknya Anda segera memeriksakan hal tersebut kepada dokter. Akan tetapi, sebaliknya, jika Anda hanya berdebar debar sebentar saja, itu menandakan bahwa,sedang terjadi fluktuasi hormon menjelang menopause.

  1. Meningkatnya kolesterol buruk

Ada dua jenis kolesterol yang terdapat pada tubuh kita, yang pertama adalah kolesterol baik, dan yang kedua adalah kolesterol buruk. Pada periode ini, dimana seorang wanita menjelang menopause, kadar estrogen mereka akan menurun.

Hal ini menyebabkan kenaikan tingkat kolesterol buruk di dalam tubuh. Untuk mengatasinya,Anda bisa menjalani gaya hidup yang sehat sebelum menopause.

Cobalah untuk melakukan banyak olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat sebelum Anda memasuki masa menopause. Cara ini akan sangat membantu Anda terutama dalam mengatasi masalah meningkatnya kolesterol buruk di dalam tubuh Anda saat menopause.

  1. Menyendiri

Mungkin Anda akan sedikit kaget mengetahui hal ini, ketika seseorang memasuki usia menopause atau menjelang menopause. Biasanya seorang wanita akan banyak menghabiskan waktu untuk menyendiri. Hal ini terjadi karena menopause adalah “usia” introspeksi diri, dimana seorang wanita biasanya akan mengalami pergeseran emosional yang mempengaruhi kehidupan sosialnya.

Bagi banyak wanita, masa menopause merupakan masa yang paling berpengaruh di dalam kehidupan mereka. Sebelum menopause mungkin banyak wanita yang sibuk mengurus anak-anak, suami mereka, orang tua,temen-temen dekat dan kolega. Akan tetapi, hal itu akan berubahketika menopause tiba. Pada saat itulah wanita biasanya akan mulai mengurus dirinya sendiri.

  1. Gaya hidup sehat

Saat kita masih muda dan sehat biasanya kita tidak peduli pada makanan apapun yang kita konsumsi. Padahal di dalam makanan-makanan tersebut yang tampaknya sehat, seringkali terkandung bahan kimia berbentuk pestisida dan lain sebagainya.

Pada saat kita berusia muda, hal tersebut tidak terlalu banyak berpengaruh pada kesehatan maupun tubuh kita. Akan tetapi, saat memasuki usia menopause, pada saat itulah apa yang telah kita lakukan di masa muda akan kita petik.

Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan pada seseorang yang sudah memasuki masa menopause untuk banyak-banyak menghindari bahan kimia dan menganjurkannya untuk lebih banyak melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh mereka dengan menghindari makanan-makanan yang tidak sehat.

 

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10