Dasar hukum wakaf

Dasar Hukum Wakaf dan Undang Undangnya di Indonesia

Pengertian Tentang Wakaf Secar Luas Dan Detail

Pengertian Tentang Wakaf Secar Luas Dan Detail

Dasar hukum wakaf – Wakaf memiliki arti strategis dalam membangun masyarakat madani yang kuat dan mandiri dan bagaiman dasar hukum wakaf di negara kita. Islam mengeluarkan syariat wakaf berharap harta tersebut bisa terus bermanfaat secara berkesinambungan dalam kurun waktu yang sangat lama, lain halnya dengan zakat dan shodaqoh yang memang diperuntukan menyelesaikan problem sosial jangka pendek.

Sebagai contoh di negara Arab Saudi ada sebuah rekening bank dengan jumlah dana yang sangat besar yang bersumber dari harta wakaf dari khalifah Usman bin Affan r.a. Bayangkan sebidang tanah wakaf dari Usman bin Affan r.a hingga kini masih memberikan manfaat banyak padahal sudah berumur ribuan tahun lamanya. Inilah kekuatan wakaf yang memiliki nilai produktif yang sangat panjang.

Sebagai negara dengan mayoritas Islam menjadikan pemerintah Indonesia kemudian membuat suatu aturan mengenai dasar hukum wakaf dan Undang-Undang wakaf di Indonesia yang tertuang dalam konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemeritnah nomor 28 Tahun 1977 dan kompilasi Hukum Islam (KHI), menyebutkan bahwa wakaf adalah perbuatan seseorang atau sekelompom orang atau badan hukum yang memisahkan sebagian harta benda dari miliknya danmelembagakan untuk selama-lamanya guna kepentingan ibadah ataukeperluan lainnyasesuai dengan syariat islam.

Secara Yuridis wakaf merupakan perbuatan hukum yang menimbulkan atau mengakibatkan adanya harta yang terpisah dan bertujuan serta adanya nazhir yang mengelola harta tersebut.

Sedangkan menurut Undang-undang No.41 tahun 2004 tentang Wakaf disebutkan bahwa wakaf adalah perbuatan hukuf wakif untukmemisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan atau kesejahteraan umat menurut syariat.

Dengan demikiat legalitas Wakaf di Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Masyarakatpun semakin dimudahkan dengan adanyaperaturan tersebut. Lamanya waktu terbetnuknya undang-undang tentang undang-undang hingga masasekarang membuktikan adanya eksistensi nilai-nilai keislaman yang terdapat dalam hukum konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai negara yang mayoritas agama dianut oleh penduduknya Islam.

Adanya aturan tersebut merupakan perwujudan fungsi pemerintah dalam mengupayakan kehidupan dan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Dalam Pasal Undang- Undang No.41 Tahun 2004 tentang wakaf muncul berbagai istilah berikut penjelasannnya mengenai wakaf, diantaranya;

  1. Wakaf adalah perbuatan hukum wakif untukmemisahkan dan atau menyerahkan sebagian harta benda untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingan guna keperluan ibadah dan atau kesejahteraan umum menurtu syariah.
  2. Wakif, yaitu pihak yang mewakafkan harta benda miliknya.
  3. Ikrar wakaf, adalah pernyataan kehendak wakif yang diucapkan secara lisan dan atau tulisan kepada Nazhir untukmewakafkan harta benda miliknya.
  4. Nazhir, adalah pihak yang menerima harta benda wakaf dari wakif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan peruntukannya.
  5. Harta benda wakaf, adalah harta benda yang memiliki dayatahan lama dan atau manfaat jangkapanajng serta mempunyai nilai ekonomimenurut syariat yang diwakafkan oleh wakif.
  6. Pejabat pembuat akta Ikrar Wakaf, selanjutnya disingkat PPAIW, adalah oejabat berweang yang ditetapkan oleh menteri untuk membuat akta ikrar wkaf.

Demikian terkait dengan sedikit penjelasan mengenai Dasar Hukum Dan Undang Undang Wakaf di Indonesia semoga bermanfaat.

Nah kami cukupkan sekian dulu ya artikel mengenai dasar hukum wakaf, semoga kunjungan di SAHABATYATIM.ORG berkesan, kami tunggu kedatangannya kembali, karena kami berusaha menghadirkan artikel bermanfaat untuk kebutuhan anda

 

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10