Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Menjaga Kesehatan Gigi Anak pada umumnya sangat sulit, sebab anak-anak belum bisa diajak bicara dan lebih suka bermain. Sebagai orangtua kita harus sabar dan telaten untuk mengarahkannya agar menjaga kesehatan giginya sendiri. Gigi merupakan organ dalam mulut yang memiliki fungsi penting yaitu sebagai pengunyah makanan supaya lebih mudah dicerna didalam pencernaan. Menjaga kesehatan gigi anak adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua. Meskipun tampak wajar ketika anak–anak memiliki gigi yang rusak karena kebanyakan makan coklat atau permen. Namun, ketahuilah makanan tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan mulut anak–anak.

 Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak?

Jika terjadi kerusakan gigi pada anak–anak anda segera ambil tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Terdapat beberapa dampak yang akan timbul dari kerusakan gigi pada anak. Selain sering sakit gigi pada usianya yang masih kecil gigi rusak juga memicu berubahnya tatanan gigi ketika anak beranjak dewasa. Dengan demikian melakukan pencegahan resiko kerusakan gigi itu perlu dilakukan. Dengan gigi yang sehat membuat anak–anak lebih nyaman untuk itu batasi konsumsi coklat maupun permen pada anak–anak. Hal ini bermanfaat untuk mereka terlebih akan membuat gigi tetap sehat hingga dewasa nanti. Karena tampilan gigi yang sehat menjadi penunjang rasa percaya diri seseorang. Salah satu penyebab kerusakan gigi adalah terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan berupa permen maupun coklat.

Sampai saat ini kerusakan gigi pada anak–anak sudah banyak ditemui. Sehat atau tidaknya gigi anak–anak dipicu dari orang tuanya dalam menjaga kesehatan gigi. Dengan banyaknya kerusakan gigi yang dialami oleh anak–anak membuat para orang tua menganggap hal tersebut wajar. Padahal kerusakan gigi pada anak menjadi salah satu ancaman dalam kesehatan di usia dini. Kejadian seperti ini merupakan akibat dari kelalaian orang tua dalam menjaga kesehatan gigi pada anak. Sebenarnya, kesehatan gigi dan mulut yang baik pada orang dewasa dipicu dari kondisi kesehatan gigi mereka dari usia anak–anak. Langkah awal untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anak adalah membiasakan untuk menyikat gigi setiap hari minimal 2 kali sehari.

Menyikat gigi ini bisa dibiasakan pada saat anak mandi. Bahkan sejak anak–anak masih berusia satu tahun atau giginya baru tumbuh sudah dibiasakan untuk menyikat gigi. Supaya tidak terjadi pilek atau hal lainnya gunakan air matang untuk berkumur dan berikan pasta gigi sedikit saja. Aroma buah pada pasta gigi anak–anak bisa menjadi daya tarik utama supaya mau menyikat giginya dengan rajin sejak kanak–kanak. Langkah selanjutnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak, yaitu meminimalisir untuk penggunaan botol susu ataupun empeng bayi terutama pada saat anak–anak tidur. Hal ini tujuannya supaya sisa–sisa susu tidak tertinggal di gigi ataupun gusi dan bentuk gigi akan tetap terjaga dari sedotan mereka yang cukup kuat.

Selain kedua hal diatas orang tua juga harus membatasi ataupun mengurangi sejumlah minuman dan makanan terlalu manis pada anak. Jika tidak dapat dihindarkan kita bisa memberikan minum air putih pada anak–anak setelah konsumsi makanan atau minuman manis. Tujuannya supaya sisa–sisa makanan pada gigi bisa bersih setelah minum air mineral. Dengan membatasi konsumsi makanan manis–manis terutama permen gigi anak–anak tetap terjaga kesehatannya. Kemudian berikan kebebasan kepada anak untuk memilih sikat dan pasta gigi sesuai seleranya sehingga dalam menggosok gigi mereka akan lebih menyenangkan. Biasakan untuk menggosok gigi sebelum tidur, hal ini harus diawali dari kebiasaan baik orang tua. Karena dari kebiasaan orang tualah anak–anak akan menirukan kebiasaan tersebut. Jadi cara Menjaga Kesehatan Gigi Anak yang lebih efektif adalah dengan memberikan contoh yang baik juga. Selamat mencoba!

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10