Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat

 

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat – Banyak orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak menyadari sama sekali bahwa mereka memiliki penyakit yang berbahaya didalam tubuh mereka. Hal ini karena tekanan darah tinggi memang tidak terlihat sangat tenang. Contohnya, diperkirakan 1 dari 3 orang yang tinggal di Indonesia menderita tekanan darah tinggi. Walau demikian tidak banyak yang tahu bahwa mereka mengidap tekanan darah tinggi.

Beberapa gejala yang biasa terdeteksi pada mereka yang terkena tekanan darah tinggi diantaranya adalah pusing dan palpitasi(jantung berdebar). Tekanan darah tinggi banyak menyerang orang-orang yang memiliki beberapa masalah medis seperti obesitas dan pradiabetes atau diabetes.

Tekanan darah dibagi menjadi dua, yang pertama yaitu sistolik dan yang kedua adalah diastolik.Sistolik adalah istilah yang sering digunakan apabila tekanan darah, tinggi. Sedangkan diastolik adalah tekanan darah, rendah.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat

Mengukur tensi darah

Untuk mengukur tekanan darah, anda bisa datang ke pusat kesehatan atau membeli sendiri alatnya yang dijual di apotek, atau toko obat, dan toko peralatan medis.

Namun perlu anda ketahui bahwa, ketika anda memonitor tekanan darah menggunakan alat, hasilnya bisa bervariasi tergantung pada suasana hati, kondisi mental, atau tingkat kelelahan fisik.Sehingga sangat dianjurkan untuk mengukur tekanan darah beberapa kali pada saat yang berbeda untuk mengetahui secara pasti tekanan darah yang sesungguhnya anda miliki.

Menurunkan tekanan darah

Jika tekanan darah naik akibat suasana hati dan pikiran yang buruk, cobalah untuk melakukan meditasi, relaksasi, atau latihan-latihan yang lainnya yang dapat membuat anda merasa lebih santai.Hal itu, akan membantu meringankan stres dan menjaga tekanan darah anda tetap stabil.

Obat-obatan

Dokter sangat tidak menganjurkan kepada orang yang memiliki tekanan darah tinggi untuk mengkonsumsi obat-obatan seperti diuretik.Termasuk obat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Karena hal tersebut sangat berbahaya terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut.

Jika anda sekarang mengidap tekanan darah tinggi dan sudah berkonsultasi ke dokter kemudian dokter menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu, jangan hentikan mengkonsumsi obat tersebut, dan berpindah ke obat-obat alami sebelum anda berkonsultasi kembali.

Bahan Alami penurun tekanan darah

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

  1. Jahe

Dalam seni pengobatan ayurveda jahe dianggap sebagai salah satu obat ajaib.Jahe adalah salah satu tumbuhan yang dapat mengencerkan darah dan memblokir saluran kalsium yang akan memasuki hati.

Cara memanfaatkannya, anda bisa mengirisnya kemudian merebusnya dengan air dan meminum air rebusan jahe tersebut. Atau,anda juga bisa memarutnya kemudian rebus, setelah itu saring, air rebusan jahe dapat anda konsumsi setiap hari.

  1. Buah berry hawthorn

Buah ini banyak ditemukan di beberapa negara Asia seperti China, dan Eropa serta Amerika.Buahnya berwarna hijau dan biasanya pada akhir musim panas akan berubah menjadi warna merah terang.

Di china, obat yang berbahan dasar buah ini biasanya digunakan untuk pengobatan tradisional penyakit jantung dan kreislauftonikum. Terkadang obat yang mengandung buah ini diseduh seperti teh atau dikemas dalam bentuk kapsul.

Buah berry hawthorn dapat mengobati tekanan darah tinggi dan penyakit jantung yang sama efektifnya dengan obat-obatan medis.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10