Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh – Kadang kala di musim hujan atau di musim dingin beberapa orang terkena kuman atau virus yang sama dan tinggal di tempat yang sama.Tetapi, hanya beberapa orang saja yang jatuh sakit. Hal tersebut bisa dimaklumi karena beberapa orang memiliki imun tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan yang lainnya.

Anda tentu ingin menjaga keluarga Anda baik orang tua, istri maupun suami, anak, dan teman-teman Anda dari berbagai penyakit serta kuman dan virus bukan?

Lalu bagaimana cara terbaik untuk menjaga agar imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh kita meningkat ketika mendapat sebuah serangan dari virus maupun kuman?

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berikut adalah 8 cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas imun tubuh Anda sehingga Anda lebih kuat menghadapi serangan virus maupun kuman.

  1. Melindungi gigi serta merawatnya

Bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada gusi bisa menjadi salah satu pemicu peradangan di beberapa bagian tubuh. Cobalah untuk selalu menyikat gigi setelah Anda mengkonsumsi sesuatu atau setelah makan dan sebelum tidur.

Kebiasaan baik ini merupakan sebuah cara yang bisa Anda gunakan untuk tetap mempertahankan imun tubuh Anda. Tidak hanya itu, dengan melindungi mulut terutama gusi dan gigi dari bakteri akan menyebabkan jantung Anda menjadi sehat, dan Anda juga akan terhindar dari kanker.

Menurut penelitian, seseorang yang menjaga kebersihan mulutnya bisa hidup lebih panjang 6,4 tahun daripada mereka yang tidak menjaga kebersihan mulut.

Biasakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan atau selilit yang ada di gigi setelah Anda memakan sesuatu yang berserat seperti daging atau buah.

  1. Akupuntur

Menurut penelitian ternyata akupuntur bisa merangsang tubuh untuk meningkatkan kemampuannya dalam menangkap dan membunuh virus serta kuman yang penyerang. Cobalah untuk datang setidaknya 3 atau 4 kali per tahun ke praktek akupuntur untuk menguatkan kualitas imun tubuh Anda.

  1. Tidur

Kekurangan tidur dapat menyebabkan seseorang menjadi lemah terhadap serangan virus maupun kuman. Tidur teratur, minimal 8 jam sehari dapat meningkatkan respon autoimun terhadap kerusakan. Dengan tidur secara teratur atau beristirahat secara teratur setiap hari akan menjaga pencernaan, jantung, dan pusat saraf tetap sehat.

Untuk menjaga keseimbangan hidup Anda, cobalah untuk meluangkan waktu tidur pada siang hari setidaknya 20 atau 30 menit. Waktu yang sesingkat itu ternyata sangat efektif untuk melawan beberapa penyakit seperti jantung, diabetes, depresi, dan artritis.

  1. Berkeringat

Berkeringat adalah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan racun dari tubuh kita. Selain itu, keringat juga dapat mengeluarkan asam urat, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Cobalah untuk melakukan aktivitas olahraga selama 30 – 40 menit setiap hari. Dengan melakukan olahraga setiap hari secara rutin akan meningkatkan respon antibodi dan meningkatkan protein C reaktif yang dapat menghindarkan seseorang dari peradangan.

  1. Pijat

Melakukan pijat secara rutin misalnya selama 40 menit beberapa kali seminggu, ternyata dapat meningkatkan kadar antibodi seseorang. Cobalah untuk mengunjungi tempat-tempat pijat untuk mendapatkan pijatan sehat agar hidup Anda tetap terjamin.

  1. Hentakan musik

Musik apa yang Anda sukai?Dangdut? Atau hip hop?

Mendengarkan musik yang memiliki beatcepat atau tinggi selama 50 menit per hari ternyata dapat meningkatkan antibodi seseorang dan dapat membantu menghancurkan bakteri serta virus. Selain itu dengan mendengarkan musik yang memiliki beat tinggi yang membuat adrenalin Anda terpompa, juga dapat menurunkan kadar hormon stress kortisol yang sangat buruk bagi kekebalan tubuh.

  1. Tertawa

Mungkin ini adalah cara termudah yang bisa Andalakukan untuk meningkatkan kualitas imun tubuh Anda. Sebuah studi mengatakan bahwa dengan tertawa seseorang bisa mendapatkan peningkatkan imun tubuh yang signifikan. Bonus yang akan Anda dapatkan dengan banyak tertawa adalah “awet muda”.

  1. Sosialisasi

Apakah Anda orang yang suka bersosialisasi atau menyendiri?Deviceseperti smartphone dan tablet serta beberapa perangkat komputer seperti laptop, seringkali membuat kita lebih suka menyendiri.

Sebuah studi mengatakan bahwa jika Anda ingin meningkatkan kualitas imun tubuh Anda, luangkanlah waktu untuk bersosialisasi dengan teman Andaface to face bukan lewat jejaringan sosial. Bersenda gurau, bercengkerama, dan menikmati waktu bersama-sama dengan teman maupun keluarga dapat meningkatkan kualitas imun tubuh Anda.

Nah kami cukupkan sekian dulu ya artikel mengenai Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, semoga kunjungan di SAHABATYATIM.ORG berkesan, kami tunggu kedatangannya kembali, karena kami berusaha menghadirkan artikel bermanfaat untuk kebutuhan anda

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10