Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Di Usia Dini

cara membentuk kecerdasan anakAnak merupakan anugrah dari Yang Maha Kuasa untuk kita didik kedepannya agar menjadi manusia yang berkualitas. Kecerdasan merupakan suatu kualitas manusia yang perkembangannya bisa dibentuk pada masa anak-anak. Tapi, bagaimanakah cara tepat untuk membentuk pribadi anak yang pintar dan cerdas? Berikut adalah beberapa ulasan berdasarkan riset nyata mengenai cara agar anak pintar dan cerdas.

  1. Musik

Bermain musik bisa menenangkan pikiran anak dan juga membantu perkembangan otak yang menstimulasi kecerdasan logika matematika. Kenalkanlah mereka pada piano, ajari beberapa satu sampai sepuluh not. Riset membuktikan bermain musik bisa mengembangkan kecerdasan anak, bahkan faktanya musik bisa membantu menengkan pikiran orang dewasa juga.

  1. Biarkan anak bermain.

Kebanyakan orang tua ingin anak mereka cerdas dengan menyuruh mereka duduk berjam-jam dengan tumpukan buku pelajaran atau memaksa mereka untuk mengikuti suatu les tertentu. Pada anak usia dini hal ini sangat fatal karna pada saat bermain kekreatifan anak mulai terbentuk melalui imajinasi mereka.

  1. Jauhkan anak dari gadget

Gadget memang memberikan beberapa stimulasi kecerdasan bagi anak. Namun percaya atau tidak, hal ini tidak berhasil. Survei membuktikan bahwa belajar adalah suatu proses aktif, bukan pasif. Biarkan anak bermain diluar agar mereka juga membentuk kecerdasan untuk berinteraksi dengan lingkungan sosial.

  1. Jangan bacakan buku cerita untuk mereka, tapi bacalah bersama.

Hal ini akan menstimulasi otak mereka untuk mengenal huruf dan mempercepat kemampuan baca mereka.

  1. Pastikan anak cukup tidur

Kurang tidur menyebabkan anak menjadi bodoh. Saat tidur adalah saat penting dimana sel-sel tubuh dan juga otak tergantikan. Jadi pastikan anak anda tercukupi jam tidurnya.

  1. Biasakan anak untuk bersikap disiplin.

Kecerdasan IQ yang tinggi tak akan berharga tanpa adanya kedisiplinan diri. Riset membuktikan bahwa peringkat nilai yang didapat di sekolah lebih berhubungan dengan kesadaran diri daripada kecerdasan IQ. Motivasilah mereka untuk belajar, berikanlah suatu hadiah untuk menumbuhkan motivasi belajar mereka.

  1. Asupan gizi yang cukup dan olahraga teratur.

Anak yang sehat akan lebih aktif dan cepat tanggap dalam mempelajari sesuatu. Vitamin dan mineral tertentu membantu sel otak anak untuk berkembang dengan baik. Sedangkan olahraga akan membantu kelancaran sirkulasi darah menuju otak sehingga anak menjadi cepat tanggap. Untuk itu ajaklah mereka selalu aktif dalam berolah raga.

Demikian sekedar ulasan mengenai cara membentuk kepribadian anak agar menjadi pintar dan cerdas. Masih banyak lagi cara agar anak menjadi cerdas yang akan saya bahas lain kali. Sampai jumpa.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10