Cara Menangani Batuk Pada Anak

Cara Menangani Batuk Pada Anak

Cara Menangani Batuk Pada Anak – Batuk bisa menyerang siapa saja termasuk juga anak-anak. Berbagai penyebab batuk pada anak-anak biasanya dimulai oleh infeksi atau virus yang menyerang.

Penting untuk orang tua mengetahui bagaimana cara merawat anak yang terserang batuk.Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi batuk pada anak Anda. Berikut adalah cara mengatasi batuk pada anak.

Cara Menangani Batuk Pada Anak

1. Berikan anak banyak air minum

Ini akan mencegah lendir menggumpal dan menebal. Selain itu cairan yang panas, atau hangat, atau sup dapat meringankan sakit dan iritasi di dada. Fungsi lain dari cairan hangat dan sup adalah melonggarkan lendir sehingga anak lebih mudah untuk bernapas

2. Biarkan anak menghirup udara lembab

Biarkan anak menghirup udara lembabAtau udara yang memiliki kelembaban. Uap air biasanya dapat meringankan dan mengurangi batuk pada anak. Cara untuk meringankan dan mengurangi batuk pada anak dengan menggunakan uap di antaranya adalah.

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat dan menutup pintu kamar mandi agar uap bisa tetap berada di kamar mandi merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk meringankan batuk pada anak.Ketika ruangan penuh dengan uap biarkan anak duduk di kamar mandi atau di pangkuan Anda selama kurang lebih 10 menit. Cobalah untuk mengajaknya bernyanyi atau bacakan sesuatu, atau ajak dia berbicara agar anak menjadi santai.

4. Handuk basah

Uap juga bisa berasal dari handuk yang basah. Cobalah untuk menggantung handuk basah di kamar mandi anak Anda untuk memberikan kelembaban di kamar mandi mereka. Cara ini merupakan salah satu cara yang juga efektif untuk meredakan batuk pada anak secara alami.

Batuk Kering

Jika anak Anda mengalami batuk kering atau batuk yang disertai dengan asma, biarkan anak menghirup udara dingin. Bernafas dalam udara dingin akan mengurangi pembengkakan di saluran pernafasan, yang kemudian akan menekan batuk. Berikut adalah caranya:

  1. Buka jendela kamar anak Anda sehingga anak dapat menghirup udara dingin atau udara yang lembab.
  2. Jika Anda berkendara, cobalah untuk membuka jendela agar udara masuk ke dalam.
  3. Atau jika Anda memiliki kulkas,Anda bisa membukanya sehingga anak bisa menghirup udara dingin melalui freezer.

Beberapa anak yang mengalami batuk kering harus menghindari aktivitas yang menyebabkan suhu panas pada badan seperti berolahraga. Karena biasanya aktivitas fisik tersebut menyebabkan batuk mereka menjadi lebih buruk. Ada dua jenis obat batuk yang bisa Anda berikan kepada buah hati jika mereka terserang batuk diantaranya adalah:

  1. Obat batuk ekspektoran yang dapat membantu melonggarkan dan mencairkan lendir.
  2. Obat batuk yang menghambat refleks batuk adalah jenis obat batuk untuk mereka yang terkena batuk kering.
  3. Untuk batuk kering tidak boleh diberikan obat batuk basah atau sebaliknya, dan tidak boleh diberikan kepada anak yang berusia di bawah 12 bulan.

Batuk Rejan

Mengobati batuk ini harus dengan menggunakan bantuan dokter. Cobalah berkonsultasi dengan dokter jika anak Anda mengalami batuk rejan, karena biasanya batuk ini disebabkan oleh imunitas yang lemah. Batuk rejan dapat dicegah dengan vaksin. Biasanya bayi yang belum diimunisasi juga rentan terkena batuk rejan.

Jika seseorang yang tidak divaksin terkena batuk rejan, biasanya mereka mudah menularkannyakepada orang lain.

Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menghindarkan anak dari orang tua atau orang dewasa yang terkena batuk rejan. Dan sebaliknya, jika anak anda terkena batuk rejan, cobalah merawatnya terlebih dahulu sebelum ia bergaul dengan teman-temannya.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10