Belajar Memahami Pengertian Infaq, Zakat dan Sedekah

Apakah pengertian Infaq Zakat dan Sedekah sama? Nah, untuk menjawab itu mari kita bahas bersama. Didalam ajaran agama islam ada istilah Infaq, Zakat dan Sedekah yang memiliki tujuan baik untuk kehidupan umat muslim dan ketiga hal ini harus dilakukan oleh umat muslim ketika memiliki kekayaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga, bagi yang sudah berkeluarga. Dengan demikian anda perlu mengetahui lebih jauh lagi tentang pengertian Infaq, Zakat dan Sedekah supaya tidak salah mengartikan satu sama lain.

Apa Pengertian Luas Infaq, Zakat dan Sedekah?

Langsung saja mari kita ulas satu persatu pengertian Infaq,

Zakat dan Sedekah

:

1. Pengertian Zakat.

Belajar Memahami Pengertian Infaq, Zakat dan Sedekah1

Zakat memiliki beberapa arti diantaranya :

– An-Nama berarti tumbuh dan berkembang, hal ini diartikan bahwa ketika harta yang dikeluarkan untuk zakat dari seseorang, tidaklah akan berkurang justru dengan berzakat harta kekayaannya akan tumbuh dan berkembang menjadi lebih banyak. Sehingga zakat dapat dikatakan sebagai penjemput rizki.

– Ath-Thaharah berarti suci dimana, jika harta yang dikeluarkan untuk zakat akan membersihkan jiwa, ketika seseorang yang berzakat itu memiliki

rasa dengki ataupun bakhil.

– Ash-Sholahu berarti baik dimana, harta yang dikeluarkan untuk zakat akan menjadi baik. Zakat sendiri akan memperbaiki kualitas harta tersebut dan memperbaiki amal yang memilikinya.

Jika secara istilah zakat merupakan jenis harta tertentu yang pemiliknya diwajibkan untuk memberikan kepada orang–orang kurang mampu dengan syarat–syarat tertentu.

2. Pengertian Infaq.

Belajar Memahami Pengertian Infaq, Zakat dan Sedekah2

Infaq berasal dari kata Nafaqa atau bermakna Nun, Fa’ dan Qaf yang memiliki arti keluar. Dari kata inilah muncul istilah Nifaq–Munafiq yang memiliki arti, orang yang keluar dari ajaran islam. Infaq merupakan mengeluarkan harta untuk sebuah kepentingan yang baik, ataupun kepentingan buruk. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang menyebutkan bahwa orang–orang kafirpun menginfaqkan harta mereka untuk menghalangi jalan Allah:

“Sesungguhnya orang–orang yang kafir menafkahkan harta itu, kemudian menjadi sesalan bagi mereka dan mereka akan dikalahkan dan kedalam jahannamlah orang–orang kafir dikumpulkan” (Q.S Al–Anfal ayat 36).

Sementara secara istilah infaq merupakan mengeluarkan sebagian hartanya untuk sesuatu kepentingan yang diperintahkan oleh Allah. Secara umum infaq selalu berkaitan dengan pemberian yang bersifat materi.

3. Pengertian Sedekah.

Belajar Memahami Pengertian Infaq, Zakat dan Sedekah3

Sedekah berasal dari kata shodaqa yang terdiri dari tiga hruf yaitu Shod – dal – qaaf, dimana memiliki arti benar atau jujur kemudian orang Indonesia merubahnya menjadi sedekah. Dengan demikian sedekah memiliki arti dimana, seseorang mengeluarkan harta dijalan Allah sebagai bukti kejujuran dari iman seseorang tersebut. Maka Rasulullah menyebut sedekah sebagai burhan atau bukti. Sedekah dapat diartikan juga dengan mengeluarkan harta yang tidak wajib dijalan Allah. Namun, kadang yang tidak wajib dijalan Allah tetapi, terkadang diartikan sebagai bantuan yang non materi atau hanya ibadah–ibadah fisik non materi, seperti menolong orang lain dengan tenaga serta pikirannya.

Kesimpulannya adalah jika zakat disebut dalam Al–Qur’an dan Hadist berarti zakat wajib yang dikenal kaum muslimin sebagai rukun islam ketiga. Sementara infaq kadang digunakan untuk menyebut infaq wajib zakat. Namun, beberapa orang seringkali menyebut infaq itu menyumbangkan harta dalam jumlah sedikit hingga jumlah banyak. Infaq seringkali dilakukan dimasjid atau pada acara pengajian. Sementara sedekah seringkali dilakukan dengan menyumbangkan harta baik itu materi ataupun benda kepada orang lain yang membutuhkan.

Selain itu sedekah juga bisa dilakukan sepanjang waktu tanpa harus memenuhi beberapa syarat tertentu. Hukumnya wajib ketika seseorang yang memiliki harta dalam jumlah cukup untuk melakukan sedekah. Harta yang dimiliki akan semakin bertambah ketika seseorang sering bersedekah dalam jumlah banyak. Jadi, itulah pengertian infaq, zakat dan sedekah secara luas dan lebih mendetail. Semoga para pembaca bisa menempatkannya pada waktu yang baik dan tepat juga. Amin

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10