Beberapa Faktor Penyebab Alzheimer

Beberapa Faktor Penyebab Alzheimer

Beberapa Faktor Penyebab Alzheimer

Ilmuwan telah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan seseorang terkena alzheimer.Salah satunya adalah faktor usia. Selain itu, riwayat keluarga atau keturunan serta genetik merupakan faktor lain yang dapat mempengaruhi seseorang terkena alzheimer.

 

Usia

Faktor terbesar yang menyebabkan seseorang terkena alzheimer adalah usia. Seseorang yang telah berusia lanjut misalnya 65 tahun,sangat rentan terhadap alzheimer. Tidak hanya itu, penyakit ini bisa meningkat dua kali lipat hanya dalam waktu 5 tahun.

Setelah seseorang berusia 85 tahun, resiko mereka terkenal alzheimer adalah sebesar 50%(persen).

Tentu saja ini merupakan resiko yang akan kita hadapi ketika beranjak tua. Akan tetapi pertanyaannya, mengapa seseorang yang berusia lanjut bisa terkena alzheimer?

 

Riwayat keluarga

Faktor lain yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena alzheimer adalah riwayat keluarga. Apabila Anda memiliki orang tua, kakak,adik, atau-anak yang memiliki penyakit alzaimer, mungkin Anda juga memiliki resiko yang sama. Faktor eksternal yang mempengaruhi seseorang terkena alzheimer adalah faktor lingkungan. Kedua faktor itu yaitu keluarga dan lingkungan memainkan peranan penting yang menyebabkan seseorang terkena alzheimer.

Pada tahun 1960 hingga 1970an para ilmuwan menyangka bahwa alminium merupakan salah satu penyebab penyakit alzaimer. Akan tetapi kecurigaan tersebut ternyata tidak terjawab. Kehawatiran tentang paparan aluminium seperti dari panci, foil, kaleng minuman, antiperspirant, dan antasida juga tidak terbukti sebagai penyebab alzheimer.

Walaupunsaat ini penelitian dialihkan ke beberapa hal yang dicurigai dapat menyebabkan alzheimer, ternyata belum membuahkan hasil.

Walau demikian paparan aliminium tetap bisa memberikan ancaman yang serius terutama terhadap otak kita.

 

Genetika

Ada dua jenis gen yang memainkan peran dalam mempengaruhi seseorang terkenal alzeimer, kedua gen tersebut adalah risk genes and deterministic genes.

Risk genes

Resiko bisa saja terjadi pada seseorang yang membawa risk genes, akan tetapi hal tersebut tidak menjamin bahwa alzaimer akan menyerang mereka.

Risk genes yang memiliki pengaruh paling kuat disebut apolipoproteinAPOE-E4.Setiap orang mendapat salinan bentuk yang sama dari orang tua mereka, sehingga apabila orang tua memiliki gejala atau resiko alzheimer maka kemungkinan Anda juga akan mendapatkannya.APOE-E4 cenderung membuat gejala alzheimer muncul pada usia yang lebih muda daripada biasanya.

Deterministic genes

Gen ini menyebabkan seseorang langsung di vonis akan terkena penyakit alzheimer. Siapapun yang mewarisi gen ini akan sangat memungkinkan terkena alzheimer. Gejala yang timbul biasanya bisa berkembang sebelum seseorang mengalami usia 60an. Kemunculan tersebut bisa dimulai dari usia 30an atau 40an.

Apa yang kita lakukan saat ini akan sangat berpengaruh terutama di usia lanjut. Para ahli percaya bahwa mayoritas penyakit alzheimer terjadi sebagai akibat dari gaya hidup serta interaksi kompleks yang kita miliki sehari-hari. Usia, riwayat keluarga, serta gen merupakan faktor resiko yang tidak bisa kita ubah.

Akan tetapi, selain faktor-faktor diatas, ternyata resiko seseorang terkena alzheimer juga dipengaruhi oleh gaya hidup seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Berikut adalah beberapa penyebab atau faktor lain yang dapat menyebabkan alzheimer, diantaranya adalah:

  1. Trauma di kepala

Cedera serius pada kepala dapat meningkatkan resiko seseorang terkena alzheimer di masa yang akan datang. Terlebih apabila trauma tersebut terjadi berulang-ulang kali hingga menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran. Cobalah untuk selalu menggunakan pelindung kepala seperti helm ketika berolahraga atau ketika bekerja. Hal ini akan menjamin meningkatkan keamanan Anda serta menjauhkan alzeimer dari Anda.

  1. Jantung dan kepala

Beberapa bukti lain mengarah kepada “hubungan antara jantung dan kepala” seseorang. Otak kita dijaga oleh jaringan yang sangat banyak, bahkan dikatakan, yang terbanyak di antara anggota tubuh yang lainnya. Setiap detak jantung memompa sekitar 20% hingga 25%darah ke kepala.20% dari makanan dan oksigen akan dibawa ke otak oleh darah.

Beberapa penelitian menemukan bahwa, meningkatnya resiko seseorang terkena alzheimer bisa juga disebabkan karena kerusakan jantung atau pembuluh darah. Tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kolesterol tinggi. Semua penyakit tersebut sangat berpotensi menyebabkan seseorang terkena alzheimer.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10