7 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Batuk

7 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Batuk

 7 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Batuk –  Batuk terjadi ketika virus, bakteri, debu, atau sesuatu misalnya lendir yang menghambat saluran pernafasan,atau tenggorokan,atau paru-paru. Batuk adalah sebuah cara yang dilakukan oleh tubuh untuk melancarkan pernafasan.

Ketika seseorang batuk, hal tersebut bisa menghasilkan angin yang berkecepatan sekitar 60 mil per jam,angin yang dihasilkan bisa digunakan untuk mengisi tiga perempat dari botol soda 2 liter. Udara yang dikeluarkan ketika kita batuk bisa menyemprot hingga beberapa meter dan disertai dengan lebih dari 3000 tetes air liur.

Batuk yang tidak kunjung sembuh biasanya merupakan sebuah tanda bahwa kemungkinan andamengidap penyakit serius. Tidak banyak orang yang menganggap batuk sebagai sebuah gangguan atau masalah kesehatan yang serius, melainkan mereka hanya menganggapnya sebagai penyakit umum saja. Dan tidak sedikit juga orang yang mencoba membeli obat-obatan tertentu untuk meredakan batuk tanpa resep dokter.

Adakah cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi batuk tanpa obat? karena obat seringkali menghadirkan beberapa efek yang tidak baik terutama untuk kesehatan. Disetiap obat batuk yang kita konsumsi pasti terdapat peringatan-peringatan tertentu yang menandakan bahwa obat tersebut datang dengan beberapa efek samping.

Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan mengobati batuk.

7 Obat Alami Untuk Menyembuhkan Batuk

  1. Mandi air panas

Cobalah menutup kamar mandi Anda lalu jalankan air panas dan biarkan uapnya memenuhi kamar mandi Anda. Uap bisa menjadi salah satu mimpi buruk bagi batuk karena uap bisa mengalahkan mereka. Uap bekerja untuk menenangkan saluran udara dan melonggarkan kemacetan sinus serta dahak di tenggorokan dan paru-paru. Akan tetapi,perlu Anda catat bahwa batuk yang disebabkan oleh asma tidak boleh menggunakan cara ini.

  1. Lada hitam dan teh madu

Untuk batuk basah atau batuk berdahak Anda dapat mencoba ramuan lada hitam dan madu yang apabila di gabungkan bisa menjadi sebuah solusi lagi batuk Anda. Lada akan merangsang sirkulasi dan aliran lendir kemudian madu bisa meredakan batuk.

Cara memanfaatkannya adalah, ambil 1 sendok teh lada kemudian campurkan dengan 2 sendok makan madu di dalam cangkir. Tambahkan air panas secukupnya lalu tutup dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu saring campuran madu dan lada tersebut kemudian konsumsi airnya.

  1. Air putih

Semakin banyak Anda mengkonsumsi cairan, akan membuat lendir atau penyebab batuk menjadi lebih cair sehingga Anda lebih mudah untuk bernafas dan terhindar dari batuk. Selain itu, cairan yang Anda konsumsi juga akan menjaga membran tetap lembab, hal tersebut bisamenghindarkanAnda dari batuk.

  1. Menthaol pereda batuk

Menthol pereda batuk bisa Anda gunakan untuk melegakan tenggorokan. Ini akan membantu Anda mengurangi batuk-batuk.

  1. Lemon

Lemon banyak digunakan tidak hanya di negara Asia, melainkan juga di negara Eropa untuk meredakan batuk. Lemon merupakan salah satu obat alami yang populer untuk mengatasi batuk.

Cara memanfaatkannya cukup mudah,Anda tinggal mengirim satu buah lemon, kemudian cobalah campurkan bagian irisan tersebut dengan garam dan merica lalu hisap.

Jika Anda tidak menyukai cara ini,Anda bisa mencoba memeras lemon kemudian ambil airnya dan campurkan dengan madu serta air hangat.

  1. Teh

Ada berbagai macam teh yang biasanya disediakan oleh ibu-ibu PRT di rumah. Teh merupakan salah satu obat herbal alami yang bisa digunakan juga untuk melawan batuk.

  1. Jahe

Jahe memiliki banyak khasiat dan manfaat. Jahe telah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tidak hanya batuk, jahe juga bisa digunakan untuk mengobati pilek dan flu karena jahe memiliki antihistamin dan dekongestan.

Cobalah memanfaatkan jahe dengan cara mengiris jahe menjadi bagian yang kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam panci yang berisi 3 gelas air.Masak hingga mendidih selama 20 menit lalu angkat. Gunakan saringan untuk mengambil air hasil rebusan jahe, dan tambahkan 1 sendok makan madu dan perasan lemon.

Minum air hasil rebusan jahe tadi 2 – 3 kali sehari, Jika rasanya masih terlalu pedas cobalah tambahkan air.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10