7 Makanan Sehat yang Membahayakan

7 Makanan Sehat yang Membahayakan

7 Makanan Sehat yang Membahayakan – Ada banyak makanan sehat dan sumber gizi serta vitamin bagi tubuh. Akan tetapi makanan sehat tersebut apabila dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat justru akan menjadi sangat berbahaya terutama bagi mereka yang mengidap beberapa penyakit tertentu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengolah, mengkonsumsi, maupun cara memasak makanan makanan tersebut.

Contohnya pada bulan desember, januari, dan februari adalah bulan-bulan dimana berbagai buah mulai musim. Salah satunya adalah buah rambutan, rambutan apabila anda konsumsi dengan kulit ari pada bagian dalam yang menempel pada daging buah, dapat menyebabkan tenggorokan anda terluka dan dapat menyebabkan radang serta sariawan.

Dan berikut adalah beberapa buah-buahan dan makanan sehat yang mungkin bisa menjadi sangat berbahaya apabila anda konsumsi dengan cara yang tidak tepat. Atau mungkin saja, makanan tersebut menjadi berbahaya karena anda mengidap penyakit tertentu seperti masalah pada usus atau sistem pencernaan (crohn).

7 Makanan Sehat yang Membahayakan

  1. Kacang kacangan

Kacang kacangan memang kaya gizi, akan tetapi jika dimakan mentah, kacang-kacangan tidak memberikan keuntungan apapun baik itu lemak dan protein yang dimilikinya. Walaupun anda mengunyahnya dengan jumlah yang banyak, kacang-kacangan yang tidak diolah seperti digoreng atau direbus terlebih dahulu akan membuat usus kesulitan untuk mencernanya.Jadi, mengkonsumsi kacang mentah dapat menyebabkan iritasi pada usus.

  1. Apel

Buah apel yang dikonsumsi sehari-hari akan menjauhkan anda dari dokter dan rumah sakit. Akan tetapi,apel yang tidak dikupas justru sebaliknya, buah apel yang tidak dikupas dapat mengganggu pencernaan seseorang.

Hal yang sama juga berlaku untuk sayur-sayuran yang kulitnya bisa dimakan tetapi tidak dikupas seperti mentimun. Oleh karena itu, cobalah untuk memasak sayu- sayuran tersebut terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsinya. Namun jika anda ingin mengkonsumsinya mentah-mentah, usahakan untuk mengupasnya terlebih dahulu.

  1. Popcorn

Semua biji-bijian memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Akan tetapi bagi beberapa orang hal tersebut tidak berlaku. Secara teknis popcorn mirip dengan gandum.Di antara biji-bijian yang ada, popcorn adalah salah satu biji-bijian yang paling tersulit untuk dicerna oleh usus. Hal ini juga berlaku untuk jagung rebus.

Jika anda memiliki masalah dengan usus cobalah untuk menghindari jagung, karena jagung dapat memperlambat proses penyembuhan sistem pencernaan anda.

  1. Makanan yang digoreng

Berapa makanan yang digoreng seperti ayam goreng, ikan goreng, dan beberapa makanan lainnya, menjadi berkurang manfaatnya apabila melalui proses ini.

Gorengan tidak baik bagi siapapun dan sifatnya yang berminyak dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan anda. Semakin anda menjauhi makanan-makanan tersebut, maka akan semakin baik untuk kesehatan anda.

  1. Daging asap

Bagi sebagian orang mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup misalnya 25%(persen) dari jumlah asupan kalori harian mereka adalah sebuah keharusan.

Akan tetapi, makanan seperti daging asap bukankah sumber protein yang baik. Makanan jenis ini hanya menawarkan manfaat gizi yang sedikit sedangkan kadar lemak yang tinggi pada daging tersebut dapat memperburuk diare bagi sebagian orang.

Alternatif yang bisa anda pilih untuk mengganti makanan ini adalah ikan, kedelai, dan selai kacang.

  1. Makanan berbiji

Beberapa orang harus menghindari makanan yang mengandung biji seperti strawberry,tomat, jambu, dan yang lainnya. Biji dari makanan-makanan tersebut biasanya tidak bisa dicerna oleh usus dan dapat menyebabkan diare. Cobalah untuk menghindari makanan-makanan yang kasar agar pencernaan anda lebih mudah untuk bekerja.

  1. Tomat

Tidak sedikit orang yang bermasalah dengan tomat. Walaupun tomat mengandung banyak manfaat terutama sebagai sumber antioksidan, akan tetapi tomat mentah,seperti keasamannya, dan beberapa hal yang lain, seringkali berbahaya untuk seseorang yang memiliki penyakit crohn.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10