6 Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Pantangan Makanan Ibu Hamil-Ibu hamil harus berhati – hati dalam menyantap setiap makanan. Menu makanan sehat menjadi syarat utama untuk dikonsumsi setiap ibu hamil.
Dari makanan sehat selalu terdapat nutrisi–nutrisi yang mampu merangsang pertumbuhan secara sehat baik untuk fisik maupun perkembangan otak bayi. Ibu yang hamil harus meningkatkan nutrisi di dalam makanan konsumsinya. Nutrisi yang baik dan aman akan berpengaruh terhadap kesehatan janin di dalam perut.
Mulai janin berusia 4 minggu ibu hamil harus rajin mengonsumsi makanan berprotein dan bervitamin dalam jumlah cukup untuk memenuhi nutrisi janin. Karena perkembangan janin di dalam kandungan juga dipicu dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya. Untuk itu ibu hamil harus mengetahui makanan pantangannya sehingga dalam mengonsumsi makanan lebih berhati – hati. Rajin melakukan periksa kandungan di setiap bulannya dan selalu berkonsultasi kepada bidan terdekat untuk terus memantau perkembangan bayi.

Apa Saja Pantangan Makanan Ibu Hamil Yang Tidak Boleh Dikonsumsi?

Untuk menjaga dan merangsang pertumbuhan tetap baik ibu hamil harus mengetahui makanan pantangannya. Makanan dan minuman yang dikonsumsi itu sangat berpengaruh pada janin di dalam kandungan. Berikut ini adalah pantangan makanan ibu hamil yang harus dihindari selama hamil.

1. Makanan mentah ataupun setengah matang.

Didalam makanan yang masih mentah ataupun setengah matang memungkinkan terdapat bakteri di dalamnya sehingga mampu berpengaruh terhadap kesehatan bayi dan ibunya. Dengan demikian dalam mengonsumsi makanan harus benar – benar matang secara sempurna.

2. Alkohol.

Meskipun red wine mampu menjaga kesehatan bagi tubuh, tetap saja tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena segala jenis alkohol itu bersifat beracun untuk bayi. Sehingga bagi ibu hamil dilarang mengonsumsi alkohol meskipun hanya sedikit.

3. Kafein.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kafein yang dikonsumsi ibu hamil memicu berat badan bayi kecil pada saat kelahirannya nanti. Jika ingin mengonsumsi sebaiknya sedikit saja jangan terlalu berlebihan selain tidak baik untuk bayi juga tidak baik untuk kesehatan ibunya.

4. Daging Olahan.

Dari sebuah penelitian menyimpulkan bahwa daging olahan tidak baik untuk kesehatan dan bisa menyebabkan kematian di usia muda ketika konsumsi terlalu sering. Selain itu kandungan bahan pengawet di dalam daging olahan ini juga berbahaya untuk kesehatan bayi.

5. Teh Herbal.

Minuman yang berasal dari teh herbal tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil meskipun sebenarnya menyehatkan. Namun, sifat alami di dalam teh herbal akan berubah menjadi berbahaya ketika pengonsumsian secara berlebihan. Sifat bahaya ini akan berpengaruh terhadap kesehatan janin di dalam kandungan, untuk itu hindari konsumsi minuman teh herbal.

6. Pemanis Buatan.

Pemanis buatan ini tidak boleh dikonsumsi karena tidak baik untuk kesehatan bayi. Ibu hamil itu tidak dilarang mengonsumsi gula dalam jumlah berlebih lebih baik konsumsi jus segar secara sering. Selain aman kandungan vitamin di dalam buah juga dibutuhkan oleh janin.

Dengan mengetahui makanan pantangan untuk ibu hamil akan membuat bayi tetap sehat dan selalu mengonsumsi makanan bernutrisi pada setiap harinya. Makanan yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil itu karena mengandung zat – zat tidak aman untuk pertumbuhan bayi juga ibunya. Selama hamil harus mengonsumsi makanan berantioxidant dan berserat supaya tidak terjadi sembelit diusia kehamilan yang masih muda. Perkembangan janin akan semakin sehat dan baik dengan berat yang ideal ketika ibunya selalu mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tepat. Berbagai makanan instant juga merupakan pantangan makanan ibu hamil, karena mengandung bahan pengawet dalam jumlah tinggi.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10