3 Makanan Penting Untuk Ibu Hamil

makanan ibu hamilMakanan untuk Ibu hamil harus diketahui secara dini supaya bayi di dalam kandungannya tetap dalam keadaan sehat dan normal selama berkembang di dalam perut. Ibu hamil membutuhkan makanan yang bernutrisi baik yang nantinya mampu membantu pertumbuhan bayi tetap sehat dan normal.
Karena jika seorang ibu hamil kurang mengonsumsi makanan bergizi hal fatal bisa terjadi. Dengan demikian menu makanan sehat dan tepat harus dikonsumsi secara baik.

Pertumbuhan janin di dalam perut akan baik dan sehat selama ibunya mengonsumsi makanan sehat dalam jumlah cukup. Selain itu ibu hamil juga perlu menghindari beberapa makanan yang berbahaya untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Olahan makanan yang sehat harus diketahui oleh ibu hamil supaya memiliki anak normal cerdas dan juga sehat. Setidaknya harus mengonsumsi buah pada setiap harinya. Kemudian konsumsi makanan berprotein dan mengandung asam folat untuk merangsang perkembangan otak pada bayi. Nutrisi berupa vitamin juga dibutuhkan oleh bayi untuk itu selalu konsumsi sayuran pada setiap harinya.

Apa Saja Makanan untuk Ibu hamil?

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gizi baik. Tidak hanya makanan pola hidup yang sehat juga harus diterapkan secara baik terutama dari lingkungan alam. Berikut ini adalah makanan untuk Ibu hamil yang bisa dikonsumsi secara aman :

1. Telur.

Telur mengandung protein yang cukup baik sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu juga mengandung kalori yang memenuhi kebutuhan tubuh. Dalam satu butir telur mengandung 90 kalori serta lebih dari 12 vitamin dan mengandung mineral mampu menutrisi tubuh secara baik. selain itu telur juga mendorong pertumbuhan otak bayi karena mengandung omega 3 yang memicu pengembangan pengelihatan pada bayi.

2. Ikan Salmon.

Protein tinggi di dalam ikan salmon sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Akan tetapi jangan terlalu banyak dalam mengonsumsi salmon paling tidak hanya 12 ons saja untuk satu minggu.

3. Kacang – kacangan.

Sayuran dari hijau kacang – kacangan bisa dikonsumsi secara baik dan aman. Salah satunya adalah sayur buncis mengandung serat yang mampu memperlancar proses pencernaan pada ibu hamil. Sehingga bisa mengatasi masalah sembelit di saat hamil.

4. Ubi Jalar.

Ubi jalar ternyata menjadi makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Ubi jalar yang berwarna oranye mengandung vitamin A dan di butuhkan oleh tubuh baik si ibu maupun bayi di dalam kandungan. Ubi jalar ini bisa diolah untuk berbagai macam makanan sehingga sangat mudah dalam cara pengonsumsiannya.

Beberapa makanan sehat untuk Ibu hamil yang sudah dijelaskan di atas sangat mudah didapatkan dan diolah untuk menjadi makanan. Misalnya telur bisa didadar direbus ataupun diolah menjadi makanan seperti omelet ataupun lainnya. Ikan salmon bisa digunakan sebagai ikan bakar atau masakan lainnya untuk menghindari rasa bosan di setiap konsumsiannya. Kemudian aturlah porsi secara tepat supaya tidak terlalu berlebihan dan hal ini untuk mencegah terjadinya obesitas di saat hamil. Porsi makan teratur dengan menyiapkan menu makanan 4 sehat lima sempurna.

Konsumsi susu hamil setiap hari untuk menjaga perkembangan janin di dalam kandungan. Perbanyaklah istirahat pada saat hamil dari kandungan muda hingga tua. Ibu hamil itu tidak dianjurkan untuk melakukan pekerjaan berat. Karena jika terlalu lelah efek sampingnya cukup berbahaya memicu kondisi janin menjadi lemah. Dengan demikian selalu konsumsilah makanan untuk Ibu hamil yang sehat, alami tidak mengandung bahan kimia dan mampu menjaga perkembangan janin seiring pertumbuhan umurnya.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10