10 Cara Mendidik Bayi Agar Cerdas

Pada saat bayi dilahirkan maka yang ada hanyalah tak mengetahui suatu apapun. Dan bayi hanya akan bisa melakukan apapun dengan bantuan orangtuanya khususnya adalah ibu. Tahukah bayi akan mengikuti apapun yang dilakukan oleh orang yang mengajarinya. Begitu pula kecerdasan dari bayi itu sendiri akan jauh lebih terbentuk jika pendidikan awal yang diberikan itu baik dan juga terarah. Bagi anda seorang ibu tentu saja ingin tahu bagaimana cara mendidik bayi agar cerdas dan juga terarah. Kami akan memberikan info bagaimana cara untuk mendidik bayi anda agar cerdas. Cara ini memang sudah banyak pembuktiannya bahkan banyak orang yang mengakui kebenarannya.

cara mendidik bayi agar cerdas

Berikut adalah 10 cara mendidik bayi agar cerdas yang sangat mudah anda lakukan sendiri di rumah :

1. Berilah ASI sejak lahir.

ASI memang sangat membantu akan kecerdasan dari bayi bahkan banyak dokter mengatakan bahwa kandungan dari ASI seorang ibu tak akan bisa untuk digantikan oleh susu sapi pada umumnya. Kandungan vitaminnya memang sangat berpengaruh pada kecerdasan dari bayi itu sendiri. Maka bagi anda yang ingin untuk bayi anda cerdas pastikan bayi anda minum ASI.

2. Bacakanlah buku cerita.

Dengan membacakan buku cerita otomatis bayi anda nantinya akan mampu untuk merespon apa yang saat itu anda ceritakan. Ini adalah cara yang sangat mudah untuk membuat bayi anda menjadi jauh lebih cerdas dan pintar.

3. Sesekali nyanyikan bayi anda sebelum tidur.

Hal ini nantinya akan jauh membuat bayi anda merasa sangat tenang dan baik. Dengan lagu maka syaraf-syarafnya akan rileks dan kecerdasan akan dimulai dengan hal ini.

4. Sarapan pagi. Pastikan bayi anda dibiasakan untuk melakukan sarapan pagi.

Hal ini memang sangat penting, dari berbagai penelitian yang ada di dunia kedokteran bayi akan jauh lebih baik jika selalu melakukan sarapan. Meskipun hanya dengan susu hangat. Ini nantinya akan jauh lebih memudahkan kecerdasan mengalir pada bayi anda nantinya.

5. Pastikan jam tidur yang anda jadwalkan untuk bayi anda sudah teratur.

Ini adalah hal yang sangat penting karena pada dasarnya dengan tidur atau istirahat teratur akan membuat bayi anda disiplin.

6. Berikan kehangatan keluarga.

Ini adalah salah satu cara yang sangat mempengaruhi kecerdasan dari otak bayi anda. Jika anda nantinya membutuhkan kehangatan keluarga tentu saja anda tahu apa yang diinginkan oleh anak anda. Ini adalah hal yang harus anda lakukan karena ini sangat penting dan baik.

7. Hindari kebisingan.

Jangan biasakan mengajak anak anda di tempat-tempat yang bising atau ramai karena hal ini tentu saja akan membuat bayi atau anak anda akan jauh mengenal dunia luar. Ini bukan cara yang baik untuk menjadikan anak cerdas tentunya.

8. Batasi menontong TV.

Pada dasarnya memang acara TV saat ini hanya akan merusak moral dari anak-anak yang ada di bawah umur. Jangan pernah mengijinkan anak anda untuk melihat TV secara terus menerus.

9. Kenalkan anak anda pada lingkungan atau alam sekitar.

Hal ini nantinya akan membuat anak anda selalu ingin tahu apa saja yang ada di dunia atau alam bebas ini. Ini akan membuat kecerdasan anak anda semakin berkembang lagi.

10. Berdoa.

Ajarkan anak anda untuk senantiasa berdoa setelah melakukan apapun hal ini akan membuat anak selalu bersyukur dengan apapun hasil yang nantinya mereka dapatkan.

Nah cara-cara tadi bisa anda terapkan sendiri di rumah. Jangan sampai mengajarkan bayi anda sesuatu yang berat-berat. Jadilah Ibu yang kreatif, selamat mencoba cara mendidik bayi agar cerdas di atas dan semoga sukses.

Copyright © Rumah Anak Yatim – Yayasan Sahabat Yatim Indonesia
Yayasan Sahabat Yatim Indonesia located at Jl. Graha Raya Blok M7 No. 17 Kel. Paku Jaya Kec. Serpong Utara, 021- 53126107 , Kota Tangerang Selatan, ID . Reviewed by 6595 Mendukung Program Kami rated: 9.9 / 10